Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Peneliti: Menimbang Setiap Hari Memberi Efek Positif

Rona berat badan
Anda Nurlaila • 12 September 2019 15:19
Jakarta: Meski tidak dapat menggambarkan kesehatan secara utuh, berat badan sering digunakan untuk melacak kemajuan dalam penurunan berat badan. Bagi mereka yang sedang berupaya menurunkan bobot tubuh, menimbang lebih sering kemungkinan memberi efek positif.
 
Simpulan ini diperoleh para peneliti dari Fakultas Keperawatan Universitas Pittsburgh dan Universitas California, Fakultas Kedokteran San Francisco. Mereka  menemukan bahwa orang yang menimbang diri lebih sering dalam seminggu lebih cenderung menurunkan berat badan daripada mereka yang tidak.
 
Penelitian ini dipresentasikan dalam seminar Ilmiah Asosiasi Jantung Amerika 2018. Selama studi para peneliti menganalisis data dari 1.042 orang dewasa dengan usia rata-rata 47 tahun. Selama setahun, para peserta menimbang diri mereka seperti biasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peserta menggunakan timbangan yang terhubung dengan Wi-Fi atau Bluetooth yang akan mengirim data ke para peneliti. Para peserta tidak diberi saran atau arahan apapun, kecuali untuk memantau berat badan mereka seperti biasa.
 
Setelah satu tahun, mereka yang tidak pernah menimbang diri mereka sendiri atau melakukannya hanya seminggu sekali tidak menurunkan berat badan. Sementara peserta yang menimbang diri mereka enam atau tujuh kali seminggu, kehilangan 1,7 persen berat badan mereka.
 
Mengapa memperhatikan timbangan badan setiap hari berpengaruh? Teorinya bahwa mengawasi berat badan setiap hari membuat Anda lebih sadar bagaimana perilaku tertentu  memengaruhi berat badan. Termasuk apa yang Anda makan, seberapa banyak Anda berolahraga, dan sebagainya.
 
Profesor emeritus psikologi di California State University dan Penulis It Not Not Baby Fat! Edward Abramson setuju dengan teori itu. "Manusia tidak cocok hidup di lingkungan dengan makanan padat kalori dan enak yang selalu tersedia," katanya seperti dikutip dari Health.
 
Sehingga untuk mengatasi lingkungan dengan makanan yang tidak perlu, Anda harus benar-benar sadar dan mempertimbangkan pilihan yang Anda buat. Salah satu cara untuk lebih terbiasa adalah menimbang badan setiap hari.
 
Sebelum melakukannya, Abramson mengingatkan bahwa memantau berat badan dengan ketat bukan untuk semua orang. Siapa pun yang berjuang dengan hubungannya dengan berat badan atau citra tubuh harus menghindari penimbangan harian, terutama mereka dengan kelainan makan.
 
“Beberapa klien saya memandang bobot hanya sebagai titik data. Yang lain mengalami hubungan emosional dengan angka pada timbangan dapat memicu banyak kecemasan bahkan depresi, atau pola tidak sehat lainnya, seperti kurang makan dan makan berlebihan," kata editor nutrisi majalah Health Cynthia Sass.
 
Bagi pasien dengan riwayat gangguan makan, Abramson menyarankan untuk menghindari menjadikan penimbangan berat badan sebagai titik fokus kehidupan. Sebaiknya lakukan penimbangan sekali seminggu jika perlu. "Bagi orang-orang ini, penimbangan berat dapat membantu mereka memahami pola dan membuat hubungan antara perilaku dan berat badan tertentu, seperti makan di luar, atau minum alkohol," ungkap Sass.
 
Yang terpenting, Sass menambahkan adalah percaya diri terhadap tubuh sebelum menjadikan menimbang badan sebagai rutinitas. Jika merasa siap, timbangan dalam menjadi alat mencapai berat badan yang Anda inginkan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif