Wortel adalah sayuran akar yang pertama kali ditanam di Afghanistan sekitar 900 Masehi. (Ilustrasi/Pexels).
Wortel adalah sayuran akar yang pertama kali ditanam di Afghanistan sekitar 900 Masehi. (Ilustrasi/Pexels).

Manfaat Wortel

Rona sayuran
Timi Trieska Dara • 21 November 2019 09:07
Jakarta: Wortel adalah sayuran akar yang pertama kali ditanam di Afghanistan sekitar 900 Masehi. Oranye mungkin warna wortel yang paling terkenal, tetapi mereka juga memiliki warna lain, termasuk ungu, kuning, merah, dan putih. Wortel awal berwarna ungu atau kuning. Wortel oranye dikembangkan di Eropa Tengah sekitar abad ke-15 atau ke-16.
 
Seperti dilansir WebMD, sayuran populer dan serbaguna ini mungkin terasa sedikit berbeda tergantung pada warna, ukuran, dan di mana ia tumbuh. Gula dalam wortel memberi mereka sedikit rasa manis, tetapi mereka juga bisa terasa hambar atau pahit.
 
Profil Gizi
Satu porsi wortel adalah setengah cangkir. Satu porsi mengandung:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


25 kalori
6 gram karbohidrat
2 gram serat
3 gram gula
0,5 gram protein
 
Wortel adalah sumber vitamin dan mineral penting. Setengah cangkir bisa memberi Anda hingga:
 
73 persen dari kebutuhan vitamin A harian Anda
9 persen dari vitamin K harian Anda
8 persen dari potassium dan serat harian Anda
5 persen dari vitamin C harian Anda
2 persen kalsium dan zat besi harian Anda
 
Apa Yang Dapat Dilakukan Wortel untuk Anda?
 
Wortel memiliki banyak antioksidan dan menawarkan banyak manfaat kesehatan. Berikut adalah hal-hal menariknya:
 
1. Wortel bagus untuk mata. Hal itu mungkin adalah superpower wortel yang paling terkenal. Mereka kaya akan beta-karoten, senyawa yang diubah tubuh menjadi vitamin A, yang membantu menjaga kesehatan mata. Dan beta-karoten membantu melindungi mata dari sinar matahari dan menurunkan kemungkinan katarak dan masalah mata lainnya.
 
Wortel kuning mengandung lutein, yang juga baik untuk mata Anda. Penelitian telah menemukan bahwa lutein dapat membantu atau mencegah degenerasi makula terkait usia, penyebab utama hilangnya penglihatan di Amerika Serikat.
 
2. Wortel dapat menurunkan risiko kanker. Antioksidan telah terbukti mampu melawan radikal bebas berbahaya di tubuh Anda, dan itu bisa membuat Anda lebih kecil kemungkinannya terkena kanker. Dua jenis antioksidan utama dalam wortel adalah karotenoid dan anthocyanin. Karotenoid memberi wortel warna oranye dan kuning, sedangkan anthocyanin bertanggung jawab atas pewarnaan merah dan ungu.
 
3. Wortel membantu hatimu. Pertama, semua antioksidan itu juga baik untuk jantung. Kedua, kalium dalam wortel dapat membantu menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali. Dan ketiga, mereka memiliki serat, yang dapat membantu Anda tetap pada berat badan yang sehat dan menurunkan kemungkinan penyakit jantung.
 
Wortel merah juga mengandung likopen, yang membantu mencegah penyakit jantung.
 
4. Wortel meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dalam wortel membantu tubuh Anda membangun antibodi yang mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga membantu tubuh menyerap dan menggunakan zat besi serta mencegah infeksi.
 
5. Wortel dapat membantu mengatasi sembelit. Jika Anda kesulitan ke kamar mandi, cobalah mengunyah wortel mentah. Dengan kandungan seratnya yang tinggi, mereka dapat membantu meringankan sembelit dan membuat Anda buang air besar teratur.
 
Kapan Harus Menghindari Wortel?
 
Jika Anda makan terlalu banyak beta-karoten, itu bisa membuat kulit Anda berubah warna menjadi oranye-kuning. Kondisi ini disebut karotenemia. Ini relatif tidak berbahaya dan biasanya dapat diobati. Tetapi dalam kasus yang ekstrim, itu dapat menjaga vitamin A  melakukan tugasnya dan memengaruhi penglihatan, tulang, kulit, metabolisme, atau sistem kekebalan tubuh Anda.
 
Terlalu banyak beta-karoten juga dapat menyebabkan masalah bagi orang yang tidak dapat mengubahnya menjadi vitamin A, seperti orang yang memiliki hipotiroidisme.
 
Cara Mempersiapkan Wortel
 
Wortel dapat menjadi bagian dari banyak diet populer, seperti vegan, keto, paleo, dan banyak lagi.
 
Untuk menyiapkannya, cuci bersih dengan air dan gosok semua kotoran. Anda bisa mengupasnya dengan pengupas sayuran atau pisau jika Anda mau, tetapi Anda tidak harus melakukannya.
 
Anda bisa memotong sesuai selera dan memakannya dengan hummus atau saus yogurt. Jika Anda tidak suka wortel renyah, Anda bisa mengukus, merebus, atau memanggangnya dan menyajikannya sebagai lauk. Wortel juga bekerja dengan baik dalam hidangan gurih seperti sup daging sapi, pai ayam, atau tumis.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif