WFH bingung mau mulai dari mana? Kami menyusun beberapa jadwal harian berbagai situasi untuk Anda. Pakai atau ubah aktivitas sesuai kebutuhan Anda. (Foto: Pexels.com)
WFH bingung mau mulai dari mana? Kami menyusun beberapa jadwal harian berbagai situasi untuk Anda. Pakai atau ubah aktivitas sesuai kebutuhan Anda. (Foto: Pexels.com)

Jadwal Antistres Kerja dan Keluarga di Rumah

Rona keluarga covid-19
Timi Trieska Dara • 05 April 2020 13:32
Jakarta: Dengan begitu banyak ketidakpastian saat ini, pasti akan ada hari-hari sulit ketika tidak ada yang berjalan sesuai rencana. Tetapi, tips dan aktivitas harian ini akan membawa perubahan besar dalam suasana karantina Covid-19.
 
Dua hal penting yang perlu dimasukkan ke jadwal harian Anda adalah waktu sendirian untuk semua anggota keluarga (termasuk Anda) dan waktu bersama. Beberapa hari yang Anda bisa rencanakan adalah menjawab email sebelum anak-anak bangun dan film apa yang akan Anda tonton bersama setelah makan malam. 
 
Dan itu BAIK. Di hari-hari lain, Anda mungkin memiliki lebih banyak waktu untuk merencanakan waktu di luar (halaman), di dapur, atau mengerjakan kerajinan tangan. T

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tetapi intinya adalah memiliki beberapa cara mudah untuk menghabiskan satu jam, apa pun itu, yang dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan sambil tetap menyeimbangkan mengasuh anak dan pekerjaan.
 
Bingung mau mulai dari mana? Kami menyusun beberapa jadwal harian berbagai situasi dan usia untuk memberi Anda beberapa ide menghabiskan hari di rumah. Ambil ide yang cocok untuk keluarga Anda, tinggalkan ide yang tidak cocok.
 
1. Bersikap realistis tentang apa yang HARUS Anda lakukan. Lewati apa yang tidak Anda miliki.
2. Pasangkan hal-hal yang bekerja bersama.
3. Cobalah untuk memasukkan waktu keluarga, waktu di luar, dan waktu istirahat setiap hari untuk semua orang setiap hari jika Anda bisa mengelolanya.

Bekerja dari rumah dengan bayi

Ketika Anda memiliki anak, Anda memiliki dua tujuan yang harus diselesaikan setiap hari (selain menjaga bayi). Pertama, Anda perlu mandi. Kedua, kita harus keluar dari rumah. Sementara pedoman jarak sosial (social distancing) untuk coronavirus memang membuat keluar sedikit lebih menantang, kita masih bisa mewujudkannya. Untuk memberi Anda beberapa ide tentang bagaimana membuat hari Anda bekerja, cobalah jadwal contoh ini:
 
7:00 pagi. Bersiaplah. Semuanya bangun, sarapan, berpakaian, dan mandi
 
8:00 pagi. Jadilah aktif. Mulailah dengan berjalan-jalan di luar. Jika cuaca tidak mendukung, cobalah latihan yoga orangtua atau bayi di YouTube.
 
9:00 pagi. Mengasuh bayi/balita. Cobalah mengenakan pakaian bayi atau minta balita Anda untuk memakainya sendiri. Beri dia setumpuk kertas, telepon lama atau komputer yang mati dan biarkan mereka bekerja di sebelah Anda saat Anda melakukan tugas komputer sederhana seperti email dan buat rencana untuk apa yang perlu Anda lakukan.
 
10:00 pagi. Snack dan tidur siang untuk bayi. Balita bermain dengan mainan independen terdekat (puzzle, balok, boneka binatang, buku). Pekerjaan orang tua.
 
12:00 siang. Makan siang dan waktu di luar. Makan siang bersama lalu pergi keluar. Bahkan memiliki bayi duduk di kereta dorong dengan perubahan pemandangan dan udara segar dapat membuat dunia berbeda. Balita akan menyukai waktu kotak pasir, kapur aspal (trotoar) atau bermain bebas. Anda dapat membawa beberapa pekerjaan di luar bersama Anda.
 
1:00 siang. Buku dan video. Waktu membaca dan video favorit adalah cara yang bagus untuk bersantai. Ini memberi Anda kesempatan untuk bekerja.
 
2:00 siang. Tidur siang untuk bayi atau balita. Waktu kerja yang tenang.
 
4:00 sore. Bermain besama anak. Kita semua tahu betapa gilanya jam-jam awal ini. Jika Anda dapat bermain dengan anak-anak kecil Anda sekarang, itu akan membantu menjaga keadaan tetap tenang.
 
5:00 sore. Makan malam
 
6:00 sore. Waktu untuk mandi. Jika dua orang tua ada di rumah, ini adalah waktu yang tepat untuk memberikan waktu tenang kepada satu orang tua untuk bekerja atau beristirahat.
 
7:00 malam. Waktu keluarga dan waktu tidur. Ini adalah waktu yang tepat untuk meletakkan anak-anak di tempat tidur bayi untuk berjalan-jalan pendek dan santai.
 
8:00 malam. Selesaikan semua pekerjaan yang Anda bisa lakukan dan rencanakan untuk hari berikutnya.
 
9:00 malam. Istirahat. Beri diri Anda waktu untuk bersantai.
 
10:00 malam. Tempat tidur! Istirahatmu sama pentingnya dengan anak-anak!
 
Jadwal Antistres Kerja dan Keluarga di Rumah
(Bersikap realistis tentang apa yang harus Anda lakukan saat work from home. Foto: Pexels.com)

Bekerja dari rumah dengan balita atau anak prasekolah

Anak-anak usia ini memiliki dua kecepatan: berjalan dan berhenti. Tujuan Anda jelas untuk membuat mereka tetap aktif dan aktif (sambil tetap menyelesaikan pekerjaan) saat Anda di rumah bersama. Sehari penuh dengan kegiatan dan tidak ada jadwal sama sekali baik-baik saja. Tetapi jika Anda ingin mencobanya, pertimbangkan sesuatu seperti ini:
 
7:00 pagi. Bersiap, semua anggota keluarga bangun, sarapan, dan mandi
 
8:00 pagi. Aktif. Mulailah dengan berjalan-jalan di luar. Jika cuaca tidak bekerja sama, cobalah olah raga keluarga seperti di YouTube.
 
9:00 pagi. Membantu si kecil atau minta balita Anda untuk bekerja dengan Anda. Berikan dia beberapa kertas dan pensil dan telepon atau komputer usang dengan pengolah kata terbuka untuk mengetik "pekerjaan" mereka. Anda dapat langsung ke sebelahnya dan menjelaskan beberapa hal yang Anda lakukan untuk tugas-tugas sederhana seperti email atau panggilan Zoom dengan seorang kolega yang juga memiliki anak mereka di rumah.
 
10:00 pagi. Snack dan permainan independen di kamar mereka. Bantu anak Anda mengidentifikasi tiga hal yang dapat ia lakukan saat bermain di kamar mereka. Orang tua bekerja
 
11:00 waktu elektronik. Orang tua bekerja di dekatnya
 
12:00 siang. Makan siang dan waktu di luar. Makan siang bersama lalu pergi keluar. Waktu kotak pasir, kapur trotoar, gelembung atau permainan bebas. Anda dapat membawa beberapa pekerjaan di luar bersama Anda.
 
1:00 siang. Buku dan waktu tenang. Kumpulkan beberapa bantal dan selimut dan setumpuk buku untuk membuat sudut baca. Orang tua bekerja
 
2:00 siang. Waktu tidur siang jika memungkinkan, jika tidak, mulailah waktu bermain. Orang tua bekerja
 
3:00 siang. Waktu bermain kerajinan tangan, mewarnai, lego, boneka, membuat karya. Orang tua bekerja
 
4:00 sore. Bermain bersama. Kita semua tahu betapa gilanya jam-jam awal ini. Jika Anda dapat bermain dengan anak-anak Anda sekarang, itu akan membantu menjaga keadaan tetap tenang.
 
5:00 sore. Makan malam
 
6:00 sore. Waktu untuk mandi. Jika dua orang tua ada di rumah, ini adalah waktu yang tepat untuk memberikan waktu tenang kepada salah satu orang tua untuk bekerja atau beristirahat.
 
7:00 malam. Waktu keluarga dan waktu tidur. Berjalan santai dan membaca bersama keluarga atau bermain adalah cara yang bagus untuk hadir bersama.
 
8:00 malam. Selesaikan semua pekerjaan yang Anda bisa dan rencanakan untuk hari berikutnya
 
9:00 malam. Istirahat. Beri diri Anda waktu untuk bersantai.
 
10:00 malam. Tempat tidur! Istirahatmu sama pentingnya dengan anak-anak!
 
Bekerja dari rumah bersama anak usia 5-10 tahun
 
Mencapai keseimbangan antara peluang belajar yang bermakna, aktivitas fisik, dan istirahat adalah kunci untuk anak-anak usia sekolah dasar. Pertimbangkan ide-ide ini untuk mengatur jadwal:
 
8:00 pagi. Sarapan keluarga
 
8:30 pagi. Bersihkan kamar. Email, waktu kerja
 
9:00 Akademik 1. Program skolastik ini memiliki aktivitas harian yang sepenuhnya terorganisir untuk Anda. Bekerja di dekatnya untuk membantu sesuai kebutuhan
 
9:45 pagi. Istirahat dan camilan
 
10:00 pagi. Akademik 2. Selesaikan aktivitas dari sebelumnya atau coba hal-hal baru seperti Khan Academy atau Mystery Science. Waktu bekerja
 
11:00 siang. Waktu nonton TV. Bekerja di kamar sebelah
 
12:00 siang. Makan siang dan bermain di luar. Bekerja di dekatnya
 
1:00 siang. DEAR (Drop Everything and Read independently/waktu anak baca secara mandiri). Waktu kerja yang tenang
 
1:30 siang. Kerajinan tangan atau mewarnai. Bekerja di dekatnya
 
2:30 siang. Aktivitas online. Bekerja di dekat mereka
 
3:15 sore. Aktivitas keluarga (permainan, memasak, proyek)
 
4:00 sore. Waktu luang anak-anak. Bekerja sesuai kebutuhan sampai makan malam
 
6:00 sore. Makan malam keluarga dan berjalan atau bermain di luar
 
7:00 malam. Waktu TV keluarga
 
7:30 malam. Mandi dan Piyama
 
8:00 malam. Waktu tidur anak. Selesai bekerja, bersiaplah untuk hari berikutnya
 
9:00 malam. Bersantai

Bekerja dari rumah bersama remaja

Sementara mereka mungkin tampak sepenuhnya independen, remaja cenderung membutuhkan kerangka kerja untuk cara terbaik menghabiskan waktu mereka. Berikut ini beberapa cara untuk melakukannya:
 
7:00 pagi. waktu bekerja
 
8:30 pagi. Bangun, berpakaian dan sarapan
 
9:30 pagi. Waktu belajar untuk sekolah mana pun yang ditugaskan untuk belajar. Jika tidak ada yang ditugaskan coba baca, Khan Academy atau minta mereka meneliti sesuatu yang mereka minati dan menyiapkan presentasi pada akhir pekan. Waktu bekerja
 
11:30 siang. waktu Elektronik. Waktu bekerja
 
12:00 siang. Makan siang dan waktu di luar
 
1:00 siang. Waktu membaca. Waktu bekerja
 
2:00 siang. Selesai kegiatan belajar. Waktu bekerja
 
3:00 sore. Waktu bebas. Waktu bekerja
 
5:30 sore. Makan malam dan waktu keluarga
 
7:00 malam. Waktu senggang
 
10:00 malam. Tempat tidur
 
Nah, yang mana yang sesuai dengan Anda? Sontek ide pembagian aktivitasnya.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif