Jangan biarkan penolakan menghentikan Anda dari menawarkan makanan baru. (Foto: Freepik)
Jangan biarkan penolakan menghentikan Anda dari menawarkan makanan baru. (Foto: Freepik)

4 Tips Sehat untuk Meningkatkan Berat Badan Bayi

Rona tumbuh kembang bayi
Kumara Anggita • 29 Juli 2020 12:05
Jakarta: Apakah Anda sedang frustrasi karena sudah memberikan makan yang cukup namun berat badan bayi tak kunjung naik? Bila iya mungkin Anda perlu mencari cara tambahan untuk bisa menambah berat bayi Anda.
 
Berikut adalah beberapa saran yang dapat membantu Anda meningkatkan berat badan:

1. Vitamin dan suplemen

Dikutip dari Healthline, meskipun sebagian besar bayi dilahirkan dengan simpanan zat besi yang cukup dalam tubuh mereka untuk bertahan selama 4 bulan pertama kehidupan, tak ada salahnya bila Anda mau memberikan zat besi tambahan.
 
Ini karena ASI mengandung sangat sedikit zat besi. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar bayi yang diberi ASI diberi suplemen zat besi (1 mg besi untuk setiap kilo berat badan) dari usia 4 bulan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum memulai, bayi Anda dengan vitamin atau suplemen, Anda harus berbicara dengan dokter anak Anda terlebih dahulu.

2. Jadwal makan malam

Untuk bulan-bulan pertama kehidupan, ingatlah bahwa bayi Anda lebih selaras dengan kebutuhan mereka sendiri daripada jam. Jika mereka lapar, beri mereka makan.
 
Seiring bertambahnya usia, Anda dapat mulai menetapkan waktu makan yang ditetapkan. Setelah sekitar 6 bulan, menerapkan lebih banyak jadwal dapat membantu mereka memiliki kebiasaan makan yang sehat. Pastikan untuk menjadwalkan waktu kudapan di pertengahan pagi dan sore hari karena perut bayi masi kecil tidak bisa menampung terlalu banyak makanan.

3. Kebersamaan saat makan malam

Makanlah bersama-sama. Hindari gangguan-gangguan di sekitar dengan mematikan telepon dan TV Anda. Boleh juga membacakan cerita untuk anak Anda sambil memberi mereka makan. Ini adalah cara terbaik untuk membuat mereka makan.

4. Buat waktu makan yang menyenangkan

Tidak diragukan lagi, anak Anda mungkin lebih cenderung makan makanan yang biasanya mereka tolak ketika mereka ada di situasi khusus. Cobalah makan malam di luar rumah saat cuaca cerah. Biarkan mereka bermain-main melintasi rumput untuk menambah nafsu makan.
 
Rencanakan pula berbagai jenis makanan untuk mendorong mereka mencoba rasa baru. Perkenalkan makanan baru itu satu per satu. Buat piring-piring sampler dengan saus dan camilan untuk uji rasa tanpa tekanan.
 
Jangan biarkan penolakan menghentikan Anda dari menawarkan makanan baru. Mungkin diperlukan waktu beberapa kali untuk membuat anak menerimanya.
 

(FIR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif