Mengenal Bobby Holland Hanton, sang stunt profesional di balik film Thor, Captain America, James Bond - Quantum of Solace, dan lainnya. (Foto: Dok. Bobbyhollandhanton.com)
Mengenal Bobby Holland Hanton, sang stunt profesional di balik film Thor, Captain America, James Bond - Quantum of Solace, dan lainnya. (Foto: Dok. Bobbyhollandhanton.com)

kisah

Bobby Holland Hanton, Stunt Profesional di Balik Sederetan Laga Film Hollywood

Rona kisah
Yatin Suleha, Kumara Anggita • 27 Februari 2020 07:00
Jakarta: Tali sling sudah terpasang di badan, detail pengaman, dan Mjolnir sudah di tangan. "Set. 1, 2, 3 go!!" dan badannya terhempas ke tong sampah bersama Loki (ya Loki adik tiri Thor). Tapi malah terdengar, "Cool!!" teriak laki-laki berbadan kekar sambil melemparkan senyum.
 
Adegan lainnya, berlari dan melompat ke pintu belakang truk dalam kecepatan 60 km per jam sambil memegang perisai milik kapten Amerika.
 
Aksi gila, dan tak masuk di akal! Bagai gadai nyawa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tapi ini cuma salah satu hari yang dilalui oleh Bobby Holland Hanton. Laki-laki, 33 tahun berparas tampan yang justru memilih berkarier sebagai Stunt Performer atau yang biasa kita kenal dengan sebutan stuntman.
 
Namanya sudah tidak asing lagi di Hollywood. Banyak film yang ia stuntmankan. Thor Ragnarok, Avengers Infinity War part 1 and part 2, Mission Impossible 6, Wonder Woman, Skyfall, Thor, Quantum of Solace, Captain America, MIB International, dan puluhan film lainnya.
 
Tentu bukan profesi yang dibangun dalam satu malam. Butuh berbagai kemampuan khusus. Ada daya karena cinta. Bobby sudah melakoni dunia gymnastic sejak belia, usia empat tahun. Apa yang ia pupuk pun terus meraih puncak sampai ia masuk dalam National Squad Member dan National Gold Medalist for Great Britain. Ia memenangkan medali emas di Prancis, Rusia, Amerika, dan kamp pelatihan Ukraina.
 
"Ya, inspirasi saya (dulu) adalah Vitaly Scherbo - Olympic gymnast Belarusia. Dia adalah seorang gymnastic hero buat saya. Saya pikir gymnastik merupakan ide yang bagus bagi siapa saja untuk dicoba," tutur Bobby dalam wawancara eksklusif pada Medcom.id.
 
Bobby Holland Hanton, Stunt Profesional di Balik Sederetan Laga Film Hollywood
(Salah satu aksinya bersama Chris Hemsworth dalam film Thor Ragnarok. Foto: Dok. Bobbyhollandhanton.com)

Perjalanan Bobby

Di usia ke-17, Bobby mulai beralih ke bidang sepakbola. Dia menjadi pemain bola semi-profesional untuk Fareham Town FC di usianya yang ke-19.
 
“Saya selalu memiliki hasrat pada sepakbola tetapi karena saya sudah menjadi seorang gymnast sebelumnya, saya jadi tidak menganggap sepakbola sebagai sesuatu yang serius hingga usia saya 19. Namun latar belakang gymnast sangat membantu karier sepakbola saya,” ujar pemilik akun Instagram @bobbydazzler84 ini.
 
Setelah itu, laki-laki berpostur 185 cm ini masuk ke dunia hiburan. Ia tampil di beberapa TV show, iklan Adidas, Pepsi, mobil New Ford B MAX 2013 di atas kolam renang, dan masih banyak lagi. Dari sana ia akhirnya fokus pada karier di bidang stuntman.
 
Ia berlatih hingga empat tahun dan latihan tersebut hampir dilakukan setiap hari. Untuk menjalankan profesi ini, pria bermata campuran hijau dan biru ini membutuhkan berbagai kemampuan antara lain tinju, berenang, 10 m High Diving, Gymnastics, Trampolining, dan Scuba Diving.
 
“Saya mulai berlatih pada usia sekitar 20 tahun untuk menjadi seorang stuntman profesional, Anda harus sangat berdedikasi karena sangat sulit dan sangat mahal, sehingga Anda benar-benar harus tahu apakah Anda begitu menginginkannya atau tidak," aku laki-laki berkebangsaan Inggris ini.
 
Bobby Holland Hanton, Stunt Profesional di Balik Sederetan Laga Film Hollywood
(Ia dan Chris hingga sekarang tetap bersahabat dan beberapa kali membuat konten lucu untuk Instagram masing-masing. Foto: Dok. Bobbyhollandhanton.com)
 
"Ada banyak latihan, tidak boleh merokok namun segelas anggur merah terasa enak setelah seharian berlatih,” tambah pemenang Critics Choiceawards Winner 2018: Best Action Movie - Wonder Woman ini.
 
Performanya sebagai stuntman pertama kali dilakuan dengan James Bond, Quantum of Solace (2008) pertama kali di usia 23.
 
Ini kali awal aksi Bobby di dunia stunt profesionalnya dalam film seri yang terkenal dengan jagoannya James Bond ini.
 
Saat itu, perasaannya begitu campur aduk. Awalnya, ia sampai berpikir bahwa tawaran tersebut adalah lelucon yang dibuat oleh temannya. Karena ini adalah impiannya, dia begitu fokus untuk memberikan yang terbaik.
 
"Name check: Dominic Greene." Double aksinya sebagai James Bond bertelepon, sesaat kemudian ditutup dan kejar-kejaran mobil berkecepatan tinggi sambil ditembaki di pinggir jurang. Belum lagi berkejar-kejaran di atap perumahan Maratea dan turun dengan melompat ke balkon-balkon perumahan yang sempit di Italia.
 
"Cut... Well done!!" teriak sang sutradara di akhir performanya diakhiri tepuk tangan semua kru.
 
Bobby Holland Hanton, Stunt Profesional di Balik Sederetan Laga Film Hollywood
(Ia juga berperan sebagai Captain America menjadi double dari Chris Evans sang kapten. Foto: Dok. Bobbyhollandhanton.com)

Kerja keras yang sebanding

Usaha yang dilakukan membutuhkan banyak pengorbanan. Namun semua usahanya kini begitu membuatnya bahagia.
 
Bobby telah tampil di 44 film bersama tokoh-tokoh seperti Josh Brolin, Tom Cruise, Russell Crowe, Jeremy Irons, John Hurt, Christoph Waltz, Harrison Ford, Robert Downey Jr, dan masih banyak lagi.
 
Tak hanya itu, kariernya ini mampu membuat Bobby memenangkan 7 SAG Awards untuk "Inception", "Harry Potter the Deathly Hollows", "Skyfall" dan "Game of Thrones" season 6 & 7, 1 Critics Choice Award untuk "Wonder Woman" dan masih bayak lagi.
 
“Saya merasa sangat beruntung telah mengerjakan begitu banyak film Blockbuster besar dengan beberapa orang luar biasa. Saya sangat diberkati dan juga merasa rendah hati dengan apa yang telah saya capai sejauh ini. Akan tetapi saya masih berambisi untuk mencapai lebih banyak hal,” ujar pemilik twitter @bobbyhanton ini.
 
“Diakui karena prestasi Anda rasanya luar biasa dan saya berharap hal itu terus terjadi,” tambah lelaki yang punya website sama dengan nama dirinya ini.
 
Pada tahun ini, ia berencana berakting sebagai salah satu pemeran utama. Film ini akan keluar tahun ini. Tak hanya itu, dia juga menulis buku anak-anak untuk pertama kalinya. Dua hal ini sungguh membuat Bobby merasa bersemangat.
 
Bobby Holland Hanton, Stunt Profesional di Balik Sederetan Laga Film Hollywood
(Bobby dalam film Quantum of Solace, stuntnya yang pertama kali. Foto: Dok. Bobbyhollandhanton.com)

Pesan Bobby bagi yang ingin jadi stuntman

Bobby terus menegaskan bahwa menjadi stuntman membutuhkan tekad yang besar. Banyak hal yang harus dikerjakan dan ditinggalkan. Menurutnya pekerjaan ini memang bisa memberikan uang yang lumayan namun risiko yang diambil juga tak kalah besar.
 
Bobby pernah cedera, sampai-sampai tulang kakinya pernah mencuat dari kulit. Hm, mengambil cuti pun sulit. Jadi walaupun keadaanya tidak begitu optimal, biasanya Bobby tetap bekerja. Untuk mengatasinya dia harus memfokuskan 100 persen perhatiannya pada apa yang dikerjakan.
 
"Saat ini sudah banyak alat yang bisa membantu kerja stunt. Plester dengan warna yang sama dengan warna kulit saya, beberapa waktu diambil dan pengamanan yang detail. Ya, siap kembali," ucap pemilik akun Facebook Bobby Holland Hanton ini.
 
“Sayangnya cedera telah terjadi tetapi itu adalah bagian yang tak terpisahkan dari apa yang kita lakukan. Saya pernah operasi punggung dua kali, patah pangkal paha saya dari tulang dan cedera kecil lainnya,” ujarnya.
 
Jadi, apa yang membuat penonton tetap menatap layar sambil terperangah? Para 'penantang maut' berlatih tak henti, bersabar dan berdedikasi tinggi.
 
Disiplin, mengembangkan banyak kemampuan diri karena pekerjaan berisiko perlu perhitungan matang dan presisi tinggi. Bukan ajang main-mainan karena setiap aksi adalah maha karya diri.
 
Inilah beberapa bts Bobby yang bisa Anda nikmati.
 

 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif