Microwave adalah peralatan rumah tangga yang biasanya hanya digunakan untuk menghangatkan makanan. (Ilustrasi/Pexels)
Microwave adalah peralatan rumah tangga yang biasanya hanya digunakan untuk menghangatkan makanan. (Ilustrasi/Pexels)

Manfaat Microwave dalam Menyiapkan Makanan

Rona tips keluarga
Anda Nurlaila • 18 Januari 2020 12:04
Jakarta: Microwave adalah peralatan rumah tangga yang biasanya hanya digunakan untuk menghangatkan makanan. Padahal sebenarnya alat ini serbaguna untuk berbagai keperluan di dapur. 
 
Seperti dilansir dari WebMD, ada beberapa kegunaan microwave yang bisa membantu pekerjaan di dapur. 
 
Herbal Kering

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda bisa mengubah bumbu segar menjadi bumbu kering. Tempatkan daun di antara dua kertas kue dan panaskan dalam suhu tinggi selama satu menit untuk setiap cangkir. Metode ini paling baik untuk mengeringkan daun peterseli, kemangi, dan seledri.
 
Kacang Panggang 
 
Sebarkan dalam kacang atau biji-bijian dalam piring yang aman untuk microwave. Tambahkan minyak atau mentega sekitar setengah sendok teh untuk setiap cangkir kacang atau biji-bijian. Lalu panaskan microwave pada suhu tinggi selama sekitar satu menit. Periksa memastikan kacang panggang mengelaurkan aroma khas kacang panggang dan berwarna coklat keemasan. 
 
Apel Panggang 
 
Untuk apel lunak yang lebih cepat, kupas dan buang bijinya, dan biarkan utuh atau potong-potong. Isi atau lapisi dengan satu sendok makan mentega dan atau bumbu yang Anda sukai, seperti kayu manis. Tutupi dengan bungkus plastik dan panaskan tinggi selama 2,5 sampai 3 menit.
 
Kentang Panggang
 
Gelombang mikro dapat memberi Anda kentang panggang yang empuk lebih cepat daripada oven. Pertama, bersihkan kentang dan tusuk-tusuk kentang menggunakan garpu. Lubang-lubang ini berguna untuk mengeluarkan uap. Masak satu kentang selama 7 hingga 8 menit, dua buah 10-12 menit dan empat buah selama 14-18 menit, atau sampai lunak. Jangan lupa membalik kentang Anda agar matang merata.
 
Telur dadar
 
Ingin sarapan hangat tapu terburu-buru? masak telur Anda dengan microwave. Pecahkan satu telur ke dalam mangkuk atau cangkir yang aman untuk microwave yang dilapisi dengan semprotan minyak. Campurkan satu sendok makan susu atau air, dan masak dengan suhu tinggi selama 30-45 detik. Aduk, lalu diamkan selama 2-3 menit.
 
Sayuran kukus
 
Atur sayuran segar dalam piring yang aman untuk microwave. Tambahkan 2 atau 3 sendok makan air dan tutup dengan tutup atau bungkus plastik. Pastikan untuk memberikan ruang bagi uap untuk keluar. Microwave sayuran Anda pada tinggi selama 3 sampai 7 menit, tergantung jenis sayuran atau sampai lunak.
 
Sup Ayam Rumahan
 
Masukkan sayuran yang dipotong dadu, kacang kaleng, ayam potong kaleng, dan kaldu dalam mangkuk yang aman untuk microwave. Tutupi dengan bungkus plastik. Waktu memasak bervariasi tetapi biasanya antara 15 dan 30 menit. Pastikan untuk mengaduk sup beberapa kali selama proses pemanasan untuk memastikan setiap gigitan matang.
 
Membersihkan Spons 
 
Yang dibutuhkan hanyalah 1 menit dalam microwave untuk membunuh bakteri pada spons dapur Anda. Basahi spon lebih dulu agar tidak terbakar dan periksa juga spons tidak memiliki bantalan scrub logam. Jika ada, masukkan ke dalam mesin pencuci piring.
 
Kiat penggunaan microwave
 
Periksa label keamanan microwave sebelum memanaskan makanan di dalamnya. Hindari wadah busa, dan jangan pernah memanaskan logam. Bahan kimia dalam bungkus plastik dapat meresap ke dalam makanan Anda jika Anda memasak di dalamnya.
 
Untuk memasak, pilihlah wadah bundar di atas bujur sangkar, dan potong makanan menjadi bagian yang berukuran sama jika memungkinkan.
 
Tingkatkan risiko kanker?
 
Tidak ada bukti gelombang mikro menyebabkan kanker. Microwave memasak makanan dengan membuat molekul air di dalamnya bergetar dan mengeluarkan panas. Makanan tidak berubah menjadi bahan radioaktif setelah dimasak dengan microwave.  Selain itu, gelombang mikro yang berfungsi dengan baik tidak memberikan cukup radiasi untuk menempatkan Anda pada risiko kanker.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif