Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Manfaat Sense of Rhythm untuk Anak

Rona tumbuh kembang anak
Kumara Anggita • 24 Juni 2020 06:06
Jakarta: Musik adalah salah satu sarana untuk membantu anak meningkatkan sense of rhythm atau rasa akan irama. Hal ini akan sangat berguna untuk anak ke depannya.
 
Umumnya, orang berpikir bahwa sense of rhythm di sini hanya akan berguna bila anak ingin jadi pemusik dan penari. Namun ternyata tak demikian.  
 
Nathania Karina, DMA, M.Mus, seorang pianist serta founder dari Andante Music School menjelaskan bahwa sense of rhythm berguna untuk perkembangan motorik mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kita memberikan kemudahan untuk anak-anak kita ke depannya. Khususnya secara motorik agar dia bisa berakitivitas dengan baik,” jelas Nathania dalam Roompi Orami Parenting dengan tema The Gift of Music for Young Children.
 
Untuk melatihnya, Nathania menganjurkan agar orang tua mendengarkan lagu bersama anak. Mengajak anak-anak untuk aktif bereaksi terhadap apa yang mereka dengarkan.

Dengarkan lagu bersama secara rutin

“Karena motorik itu tidak bisa semerta-merta dilatih hanya dengan semalam, tapi butuh pengulangan dan kontinuitas sekali, dan kalau dimulai sedini mungkin akan lebih baik,” jelasnya.
 
Selanjutnya, Anda bisa mengajak anak untuk bergerak. Misalnya bisa menggoyang-goyangkan badan atau menepuk-nepuk tangan sesuai irama.
 
"Cara ini akan sangat sangat berefek sekali untuk anak-anak ini dikemudian hari karena mereka juga akan terlatih untuk punya ‘sense of rhythm’ yang baik,” jelasnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif