Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Trik Melatih Bayi agar Tidur Nyenyak di Malam Hari

Rona gaya bayi
Anda Nurlaila • 15 Oktober 2019 19:13
Jakarta: Semua orang tua pasti ingin bayi mereka dapat tidur nyenyak di malam hari, agar si kecil dan orang tua memiliki waktu istirahat yang cukup. Tetapi tidak sedikit bayi yang sulit tidur dan menangis di waktu tidur.
 
Semua bunda tentu ingin melatih bayi tidur malam tanpa perlu rewel berlebihan yang dapat melelahkan bagi bayi maupun ibu. Psikolog Klinis di Rumah Sakit Anak Philadelphia, Melissa Moore, memberi beberapa tips bagi orang tua agar buah hati tidur lebih baik dan berkualitas.
 
"Yang terpenting adalah mencari yang terbaik untuk Anda dan bayi," katanya seperti dimuat dalam Parents.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Moore menjelaskan ada dua hal penting untuk membuat kebiasaan tidur pada bayi. Pertama membuat waktu tidur yang rutin untuk bayi.
 
"Menjelang waktu tidur beritahu bayi Anda bahwa ia akan bersiap-siap tidur, dan lanjutkan dengan melakukan dua hingga tiga aktivitas yang menenangkan bayi," kata Moore.
 
Jika Anda menyusui bayi atau memberinya susu botol, lakukan hal itu dahulu di awal waktu tidur. Kemudian ganti baju dengan piyama nyaman dan bacakan cerita di kursi goyang atau kursi.
 
Selanjutnya letakkan bayi di tempat tidurnya. Atur posisi tubuh bayi menyamping untuk memberikan pijatan lembut pada punggung selama beberapa menit.
 
Pijatan dan mengelus punggung bayi akan membuat bayi lebih rileks dan siap untuk tidur. Pijatan juga akan cepat membuat bayi mengantuk dan tertidur. Lakukan pijatan dalam beberapa malam atau minggu, setelahnya Anda tak perlu melakukannya lagi.  
 
Setelah bayi mulai tertidur dan mulai lelap, Anda dapat memperbaiki posisi tidurnya lalu meninggalkan kamar bayi perlahan-lahan. Lakukan hal ini secara teratur agar bayi lebih cepat mengerti bahwa aktivitas tertentu berarti waktunya tidur.
 
Selain itu, buat agar suasana kamar bayi mendukung untuk tidur seperti meredupkan cahaya lampu dan membuat suasana hening.
 
Bila bayi tetap sulit tidur, Anda dapat membantu dengan menciptakan suara white noise yakni dengungan yang dan terbukti dapat mempercepat kantuk dan membuat tidur lebih pulas.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif