Memberdayakan perempuan memberikan banyak dampak positif bagi pembangunan negara. (Ilustrasi/Pexels)
Memberdayakan perempuan memberikan banyak dampak positif bagi pembangunan negara. (Ilustrasi/Pexels)

Dampak Pemberdayaan Perempuan di Bidang Ekonomi

Rona hari perempuan internasional
Kumara Anggita • 10 Desember 2019 17:08
Jakarta: Memberdayakan perempuan memberikan banyak dampak positif bagi pembangunan negara. Karena itu, perlu dari sekarang untuk berinvestasi pada anak perempuan atau perempuan muda.
 
Investasi pada perempuan mampu memperluas akses perempuan pada pendidikan dan berbagai lapangan pekerjaan. Ketika anak perempuan dan perempuan muda memiliki akses yang lebih baik ke pendidikan, mereka dapat memiliki karier yang labih baik. Partisipasi perempuan yang meningkat di pasar tenaga kerja dapat mendorong pertumbuhan ekonomi negara mereka.
 
Dampak Pemberdayaan Perempuan di Bidang Ekonomi antara lain:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Menurut data Plan Internasional, peningkatan 10 persen partisipasi anak perempuan di skolah dapat menyebabkan peningkatan PDB 3 persen secara nasional.
 
2. Mendukung kesetaraan gender berarti memperkuat potensi pertumbuhan Produk Domestik Bruto Indonesia hingga 135 triliun US Dollar per tahun 2025.
 
3. Menghilangkan diskriminasi gender dan kesenjangan upah berbasis gender di tempat kerja dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara-negara G-20.
 
4. Menyediakan akses internet kepada lebih dari 600 juta perempuan dapat meningkatkan PDB tahunan hingga USD 18 Miliar di 144 negara berkembang. Ketika lebih banyak perempuan terhubung ke internet, mereka bisa lebih berdaya, bisa meningkatkan potensi dan pendapatan.
 
5. Ketika perempuan memiliki jumlah lahan dan sumber daya pertanian yang sama dengan laki-laki, potensi peningkatan hasil panen sekitar 20 persen hingga 30 persen.
 
Melihat banyaknya perubahan yang bisa dirasakan dari pemberdayaan perempuan. Sekarang jangan ragu lagi berinvestasi pada perempuan.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif