Jakarta International Stadium (JIS)/Branda Antara
Jakarta International Stadium (JIS)/Branda Antara (Akmal Nasery Basral)

Akmal Nasery Basral

Sosiolog sekaligus penulis 24 buku. Penerima penghargaan National Writer’s Award 2021 dari Perkumpulan Penulis Nasional Satupena.

Gocekan Syiar di Antara Gol Tenar

Pilar Podium Jakarta International Stadium Idulfitri 1443 Lebaran 2022 Salat Ramadan 2022
Akmal Nasery Basral • 29 April 2022 22:52
Jakarta: Idulfitri tinggal tiga hari lagi. Anda sekeluarga akan salat hari raya di mana? Jika tinggal di Jakarta, lebaran kali ini ada tambahan lokasi ibadah yang gres dan megah: Jakarta International Stadium (JIS).
 
Kondisi stadion internasional yang baru saja menabalkan klub Barcelona U-18 sebagai juara International Youth Championship 2021--setelah mengandaskan Atletico Madrid U-18 dengan skor 1-0 di final dua pekan lalu—ini dipuji mantan Menteri Perindustrian, Saleh Husin, yang ikut menonton. “Stadion kelas dunia. Serasa nonton di Camp Nou Barcelona atau Old Trafford Manchester United,” ujar Ketua Majelis Wali Amanah Universitas Indonesia itu.
 
JIS berkapasitas 82 ribu tempat duduk. Rampung setelah 11 tahun yang melibatkan kerja lima orang gubernur Jakarta mulai dari Fauzi Bowo, Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama, Djarot Saiful Hidayat, hingga Anies Baswedan. Sebagai lokasi salat Idul Fitri, JIS akan menampung 8.000 jamaah. “Di tempat itu kita akan berzikir. Kita agungkan takbir di lokasi mahakarya kota ini, kita akan bersyukur dan bersujud memohon rida Ilahi,” tutur Gubernur Anies Baswedan di akun IG sejak Rabu, 27 April 2022. Khatib pada salat Id nanti adalah KH Muhammad Cholil Nafis, Ketua MUI Pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Dalam fikih ibadah, salat Idul Fitri dan Idul Adha memang lebih afdol dilakukan di lapangan meski tetap boleh dilakukan di dalam masjid. Syahdan dari 19 kali shalat Iedain (salat dua hari raya) yang dilaksanakan Nabi Muhammad s.a.w. selama hidupnya, hanya satu kali yang beliau lakukan di dalam masjid tersebab kendala cuaca yang tak memungkinkan ibadah dilakukan luar ruang. Selebihnya, salat Id beliau selalu di tanah lapang. Baca:Ketua MUI Muhammad Cholil Nafis Jadi Khatib Salat Id di JIS
 
JIS bukan satu-satunya stadion sepak bola yang akan menggelar salat Idul Fitri. Di Inggris, FC Blackburn Rovers sudah lebih dulu umumkan stadion Ewood Park yang berkapasitas 30.000 penonton sebagai tempat salat Id bagi muslim setempat. “Stadion dibuka jam 8.30. Salat Id jam 9.30 dilanjutkan khutbah. Disediakan layanan bus. Untuk pertanyaan hubungi e-mail eid@rovers.co.uk,” bunyi pengumuman resmi. Blackburn Rovers adalah klub sepak bola profesional pertama di Inggris yang membuka stadion mereka untuk salat Idul Fitri. Klub ini di tahun 1994/1995 pernah menjuarai Liga Premier Inggris saat masih diawaki sejumlah pemain legendaris seperti Alan Shearer, Tim Sherwood, dan Chris Sutton.
 
Geliat syiar Islam memang semakin menguar dari lapangan sepak bola. Di Liga Jerman ( Bundesliga) kejadian menarik terjadi pada pertandingan Augsburg versus Mainz 05 di hari-hari pertama bulan Ramadhan. Pada menit ke-65 mendadak wasit Matthias Jollenbeck menghentikan pertandingan meski tak ada pelanggaran yang dilakukan pemain kedua tim.

 
Read All

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif