Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

10 Langkah Jitu Dapatkan Beasiswa

Pendidikan Beasiswa Pendidikan Tinggi Tips Pendidikan Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 29 Juli 2021 08:04

Nilai akademis bisa menggambarkan apakah nantinya penerima beasiswa tersebut bisa mengikuti pendidikan formal dengan baik yang nantinya akan serius dengan studinya kelak. Oleh karena itu, mulailah lebih serius kuliah jika masih berkuliah sebelum waktu mendaftar beasiswa. 
 
Kalau sudah lulus dan terpaksa harus menggunakan nilai IPK/GPA-mu yang lalu, jangan putus asa dulu. Mungkin kamu bisa tonjolkan dari kelebihan yang lain seperti keterlibatan organisasi, ataupun penemuan yang kamu lakukan setelah lulus kuliah. Hal-hal ini juga bisa mendukung dan memberi nilai lebih pada aplikasi.
 
10. Tunjukan Rasa Semangat dan Sungguh-sungguh

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melalui motivation letter, kalian bisa bercerita dan lebih meyakinkan pemberi beasiswa bahwa kamu adalah kandidat yang pantas. Motivation Letter mungkin memiliki stigma yang negatif karena tekanan yang ditimbulkannya bahwa esai tersebut harus sempurna. Jangan khawatir!
 
Ubah cara pikir itu menjadi kesempatan untuk bersinar. Bicarakan soal semangat dan keinginan untuk belajar di luar negeri dan pastikan tuliskan alasan kenapa destinasi studi yang dipilih cocok untuk mengembangkan karir di masa depan.
 
Komite pemberi beasiswa ingin tahu bahwa dana yang mereka berikan akan berbuah baik dan siswa yang mendapatkannya menghargai kesempatan yang diberikan kepada mereka. Jadi jangan takut untuk mengekspresikan diri, ceritakan kisah kalian dan jelaskan kenapa kalian pantas mendapatkan beasiswa tersebut.
 
Pada akhirnya, hal yang paling penting untuk diingat adalah berkomitmen atas waktu untuk berusaha semaksimal mungkin dalam mendaftar beasiswa, sama seperti yang dilakukan untuk tugas akademik lainnya. Sekalipun tidak mendapatkan beasiswa yang diharapkan, kalian akan belajar secara langsung proses menulis, berkoneksi dengan atasan, membagi waktu, dan  keuntungan lainnya.
 
Satu tips terakhir untuk mendapatkan beasiswa: Cobalah untuk tidak terjebak dalam pemikiran bahwa tidak mungkin melanjutkan studi di luar negeri karena uang. Karena kalau berusaha keras dan mencoba berbagai kesempatan yang ada, hal itu sangat memungkinkan.
 
Kuliah di luar negeri bukan hanya memberikanmu ijazah yang istimewa, tetapi juga pengalaman yang akan mengubah hidup dengan berada di luar zona nyaman dan segala petualangan yang menyertainya.
 
(AGA)
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif