Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

10 Langkah Jitu Dapatkan Beasiswa

Pendidikan Beasiswa Pendidikan Tinggi Tips Pendidikan Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 29 Juli 2021 08:04

2. Riset, riset, riset!
 
Ini bukan hal yang sepele, malah salah satu hal fundamental dalam proses aplikasi beasiswa: lakukan risetmu! Semakin banyak beasiswa yang dapat kamu ajukan, semakin banyak bantuan keuangan yang bisa didapatkan. 
 
Kalian bisa memulai dengan menjelajahi website ehef.id, bukan hanya satu tipe beasiswa saja yang tersedia, tetapi dari berbagai macam sumber. Jangan lupa baca artikel-artikel ehef.id untuk tahu lebih lanjut perkembangan tentang beasiswa yang tersedia untuk masyarakat Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


3. Hubungi Komite Beasiswa/Hibah Secara Langsung
 
Cara terbaik untuk mengetahui semua detail seluk-beluk beasiswa serta persyaratan aplikasi terkini adalah dengan menghubungi komite beasiswa secara langsung. Mereka adalah komite yang menulis syarat dan ketentuan untuk mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri. 
 
Ini tidak hanya akan memastikan kalian memiliki semua informasi yang akurat, tapi juga akan menunjukkan kepada komite beasiswa bahwa kalian tidak takut untuk mengambil inisiatif dan secara aktif mengejar beasiswa yang dilamar.
 
4. Benahi Resume
 
Setelah menyusun daftar beasiswa studi di luar negeri yang akan dilamar, sekarang waktunya bekerja keras! Sebagian besar dari proses aplikasi adalah merevisi resume. Pastikan untuk menyoroti pengalaman internasional apa pun yang dimiliki, perbarui semua aktivitas substansial yang terbaru, dan cobalah untuk tidak menulis lebih dari satu halaman. Menulis dengan singkat itu penting.
 
Baca: Pentingnya Menumbuhkan Edukasi Literasi Spasial Anak Sejak Dini
 
Surat pengantar resume merupakan bagian penting saat mengirimkan aplikasi karena itu bisa menjadi satu-satunya kesempatan menyampaikan argumen kenapa kalian layak mendapatkan beasiswa yang dilihat oleh bagian awal penerimaan aplikasi. 
 
Oleh karena itu, kalian tidak bisa semata-mata menuliskan tentang seberapa hebatnya kamu sebagai seorang mahasiswa secara umum. Fokus pada bagaimana kalian akan berencana untuk menerjemahkan pelajaran yang akan kalian dapatkan dari luar negeri ke dalam karir dan kehidupanmu.
 
5. Cek Pilihan Dosen/Atasan yang Cocok
 
Selain motivation letter dan resume, aplikasi untuk beasiswa studi di luar negeri biasanya memerlukan referensi pribadi; yaitu, pendapat dari seseorang yang pernah beriteraksi langsung denganmu baik dalam lingkungan profesional atau akademis.
 
Penting untuk diperhatikan dalam memilih dosen atau atasan: pilihlah orang yang punya hubungan baik dan akan dengan senang hati merekomendasikan. Dengan kata lain, jangan meminta dosen yang pernah mengajar beberapa tahun silam dan mungkin sudah lupa dengan kalian. 
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif