Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

10 Langkah Jitu Dapatkan Beasiswa

Pendidikan Beasiswa Pendidikan Tinggi Tips Pendidikan Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 29 Juli 2021 08:04

Tetapi pilihlah dosen sesuai dengan kedekatan dan juga mata pelajaran yang kalian minati. Misalnya, ingin mendaftar ke jurusan Hubungan Internasional, dosen Ilmu Politik akan cocok sebagai orang yang menuliskan rekomendasi.
 
Hal yang perlu diingat juga, ketika meminta seorang dosen untuk menuliskan surat rekomendasi, selalu minta dari jauh-jauh hari sebelumnya supaya mereka bisa meluangkan waktu dan tidak terburu-buru. 
 
Sadari bahwa kalian akan meminta waktu mereka yang sibuk untuk membantu. Setelah mereka sudah melakukannya, menuliskan ucapan terima kasih tertulis juga tidak ada salahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


6. Tandai Kalender
 
Jika akan melamar ke sejumlah beasiswa atau hibah yang berbeda-beda, bersamaan dengan universitas akan berkuliah, mungkin sulit untuk mengingat semua deadlines dan persyaratan aplikasi yang berbeda-beda. Buatlah kalender khusus untuk aplikasi beasiswa dan juga universitas dengan semua deadlines yang jelas.
 
Baca: Dua Mahasiswa Berprestasi UNS Bagikan Tips Menulis Karya Ilmiah
 
Mungkin ini sudah pasti dilakukan, tapi kalau belum melakukannya, lakukanlah! dengan setiap tenggat waktu ditandai dengan jelas. Dengan ini akan lebih teratur dan punya perkiraan kapan kalian akan menyelesaikan semuanya.
 
7. Daftar Segera!
 
Daftar beasiswa secepat mungkin dengan aplikasi yang kuat. Itu adalah jalan kunci yang bisa mengantarkan untuk mendapatkan beasiswa. Bagian ini akan membutuhkan banyak waktu dan kesabaran, karena setiap bagian sekecil apapun itu penting. Jangan ada dokumen yang terlewatkan: Apa ada dokumen yang perlu di terjemahkan? Atau dokumen yang perlu kamu minta dari pihak kantor atau universitas? Perhatikan baik-baik persyaratan yang harus dilengkapi dan dedikasikanlah waktu yang cukup untuk antisipasi resiko lamanya dokumen itu untuk diterbitkan.
 
Selain itu, jika akan melamar ke lebih dari satu beasiswa, pastikan untuk menulis aplikasi yang khusus untuk setiap beasiswa tersebut. Hindari godaan untuk menyalin dan menempel dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Ingat, komite beasiswa sudah biasa untuk meneliti aplikasi yang isinya terkesan terlalu umum.
 
8. Dedikasikan Waktu yang Cukup dan Fokus
 
Seringkali, orang-orang terburu-buru dalam melakukan pendaftaran terutama jika melamar lebih dari satu. Baca dengan teliti petunjuk dari penyelenggara beasiswa dan luangkan waktu yang cukup untuk menyelesaikan semua aplikasi tanpa merasa seperti berada di bawah tenggat waktu yang berat. 
 
Kalian akan menghasilkan pekerjaan dengan kualitas yang lebih baik jika tidak merasa terburu-buru. Pekerjaan dengan kualitas yang lebih baik berarti kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan beasiswa.
 
9. Memiliki IPK/GPA yang Memadai
 
Ini mungkin terkesan sederhana, tetapi untuk mendapatkan beasiswa, seringkali juga harus memiliki nilai yang cukup memadai. Tidak semua beasiswa atau hibah membutuhkan nilai yang tinggi atau di atas rata-rata, tetapi banyak dari mereka yang meminta hal tersebut. 
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif