Ilustrasi pemilu. Medcom.id
Ilustrasi pemilu. Medcom.id

Pengamat Politik UGM: Menunda Pemilu Kemunduran Demokrasi

Renatha Swasty • 08 Maret 2022 16:46

“Dan kita tahu hampir semua negara ketika pandemi menghebat banyak yang menjadwal ulang. Kalau kemudian Pemilu 2024 ditunda dengan alasan yang tidak jelas bisa berbahaya, bisa-bisa masyarakat kehilangan kepercayaan terhadap sistem demokrasi yang telah terbangun”, ucap Dekan Fisipol UGM itu.
 
Wawan berpendapat menunda pelaksanaan pemilu merupakan proses berat. Apalagi, dalam konteks Indonesia, UUD 1945 mengamanatkan 5 tahun sekali mesti dilakukan pemilihan umum.
 
Dia menyebut dengan menunda berarti harus ada perubahan pada konstitusi dan mengubah konstitusi tidak semudah yang dibayangkan. Wawan menyebut pemilu bisa ditunda bila ditemukan alasan memaksa, seperti Indonesia mengalami situasi krisis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kita kan tidak sedang dalam situasi krisis. Betul kita sedang menghadapi pandemi, betul bangsa sedang struggle menghadapi banyak hal tapi tidak sedang dalam krisis. Pandemi memang masih ada tetapi sudah bisa kita kelola, sehingga alasan penundaan itu menjadi susah fondasinya untuk saat ini”, tutur dia.
 
Apalagi, masyarakat selama dua tahun pandemi cukup mendapat edukasi dan sudah bisa berinvestasi dalam cara hidup baru. Masyarakat dinilai sudah resilien terhadap pandemi dan cakupan vaksin sudah cukup tinggi.
 
Wawan menilai masyarakat siap untuk Pemilu 2024. Pilkada langsung yang seharusnya dilaksanakan 2019 dan diundur 2020 karena pandemi menjadi cukup modal pengalaman untuk itu.
 
“Meski ditunda dan masih pandemi, pilkada yang berlangsung cukup menarik karena tingkat partisipasinya cukup tinggi dan tidak terbukti ada penyebaran atau menjadi klaster. Kita harus hargai pengalaman itu dan masyarakat cukup kuat terhadap situasi-situasi semacam itu," tutur dia.
 
Wawan menilai sejumlah elite dan partai politik masih ngotot menunda Pemilu 2024 lantaran ingin melanggengkan kekuasaan. Mereka ingin melanggengkan kekuasaan yang dimiliki saat ini tanpa harus repot-repot mempersiapkan pemilu.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif