ILUSTRASI: Suasana Masjid Nabawi, Madinah menjelang salat Jumat (20/7). Sumber: Media Center Haji 2018
ILUSTRASI: Suasana Masjid Nabawi, Madinah menjelang salat Jumat (20/7). Sumber: Media Center Haji 2018

Jemaah Haji Disarankan Selalu Pakai Alas Kaki

Haji Haji 2019
Sobih AW Adnan • 09 Juli 2019 21:04
Jakarta: Jemaah haji yang sudah tiba di Madinah, Arab Saudi diimbau tidak melepas alas kaki dikarenakan cuaca panas yang cukup menyengat. Petugas khawatir, suhu udara, terutama di siang hari yang berkisar antara 35-45 derajat celcius akan melukai kaki para calon haji.
 
"Jangan membuka alas kaki sebelum pintu masjid karena khawatir kakinya melepuh. Amankan alas kaki, jangan sampai hilang," imbau Komandan Tim Gerak Cepat (TGC) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2019 Erwinsyah Erick, di Madinah, sebagaimana dikutip dari laman Kemenag.go.id, Selasa, 9 Juli 2019.
 
Lebih-lebih, kata Erwinsyah, bagi jemaah haji usia lanjut karena memiliki risiko lebih tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kaki jadi melepuh karena menginjak lantai yang panas. Untuk pulih butuh 5-10 hari. Kan kasihan jadi tidak bisa beribadah dengan maksimal," kata dia.
 
Baca:Sisi Lain Sejarah Kakbah dan Kota Makkah
 
Menurut Erwinsyah, wilayah Masjid Nabawi termasuk sektor khusus (seksus). Petugas TGC akan melakukan kerja sinergi dengan tim perlindungan jemaah (linjam) dan unsur lain untuk memberikan layanan penuh bagi jemaah di lokasi tersebut.
 
"Posisi petugas menyebar. Kami saling komunikasi jika ada kejadian," kata dia.
 
Selain alas kaki, petugas juga menyarankan agar jemaah calon haji membawa kelengkapan lain sebagai pelindung tubuh. Termasuk menyiapkan payung ketika hendak keluar dari hotel.
 
"Bawa payung, topi, masker, atau apapun yang dapat melindungi diri dari paparan sinar matahari. Usahakan menyemprot wajah dengan air sesering mungkin. Dan jangan lupa, banyak minum air putih yang tersedia di beberapa sudut untuk mencegah dehidrasi," ujar Erick.

 

(SBH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif