Gelandang Al Sadd, Xavi Hernandez (AFP/Karim Jaafar)
Gelandang Al Sadd, Xavi Hernandez (AFP/Karim Jaafar)

Xavi Impikan jadi Pelatih Barcelona

Bola barcelona
Gregorius Gelino • 22 Mei 2019 06:52

Meski ingin menjadi pelatih Barca, Xavi ingin menguji kemampuan melatihnya lebih dulu di Qatar.


Doha: Legenda Barcelona Xavi Hernandez memimpikan menjadi pelatih mantan timnya. Namun, ia merasa belum siap untuk melatih Barca dan lebih memilih untuk memulai karier kepelatihannya di Qatar.
 
"Idenya adalah memulai karier manajerial saya di Qatar, di mana tekanan tidak terlalu besar. Saya bisa menguji diri saya dan mendapatkan pengalaman berharga sebelum kembali ke Eropa dan, semoga, Barcelona," tutur Xavi seperti disadur dari Marca.
 
"Saat ini, saya merasa belum siap untuk menjadi manajer di level tertinggi. Saya harus belajar berjalan sebelum bisa berlari," lanjutnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Xavi pun menjelaskan pendekatan taktik yang akan diterapkannya ketika melatih nanti. Gelandang 39 tahun itu mengaku akan menerapkan gaya bermain yang mirip dengan apa yang diusung Barcelona.
 
"Tujuan utama saya adalah menjadi pelatih Barcelona, tapi saya harus mempelajari beberapa hal terlebih dulu sebelum memikirkan itu," paparnya.


Baca juga: Sergi Roberto: Sebelum Berlibur, Kami Ingin Mengantongi Dua Gelar


"Saya memiliki ide dan konsep yang saya inginkan untuk pemain saya nanti. Sepak bola bisa dimainkan dengan berbagai cara, tapi saya selalu menjadi penggemar gaya bermain Barcelona," tutupnya.
 
Saat ini, Xavi masih menjadi pemain klub Qatar, Al Sadd. Musim ini akan menjadi musim terakhirnya sebagai pesepak bola profesional karena ia telah memutuskan untuk gantung sepatu pada akhir musim.
 
Xavi memulai kariernya di Barcelona pada 1998 sebelum akhirnya memutuskan hijrah ke Al Sadd pada 2015 lalu. Sepanjang kariernya, ia hanya pernah membela dua tim, yakni Barca dan Al Sadd.
 
Bersama Barca, ia mencatatkan 769 penampilan di seluruh ajang dengan torehan 85 gol dan 183 assist. Ia juga membantu Barca memenangkan delapan gelar La Liga, empat trofi Liga Champions, dua gelar Piala Dunia Antarklub, dua gelar Piala Super Eropa, dan tiga gelar Copa del Rey.
 
Video: Barcelona Siap Lepas Coutinho
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif