Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial (Facebook).
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial (Facebook).

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Virus Korona adalah Senjata Biologis Tiongkok yang Bocor dari Laboratorium? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 28 Januari 2020 16:16
Jumlah korban yang terinfeksi virus Korona Baru (2019-nCoV) terus bertambah. Di lain sisi, seiring masifnya pemberitaan terkait virus Korona memunculkan spekulasi dan berbagai isu liar.
 
Seperti, munculnya tudingan bahwa virus Korona merupakan sejata biologis yang bocor dari sebuah laboratorium di Wuhan Institute of Virology. Rencananya, virus tersebut digunakan untuk membunuh warga muslim di Tiongkok. Laboratorium Wuhan Institute of Virology diduga menjadi fasilitas pengembangan senjata biologis rahasia Tiongkok yang paling mutakhir dengan keamanan Bio Safety Level 4.
 
Adapula tudingan yang menyebut penyebaran virus korona disebut azab dari Tuhan kepada Tiongkok yang membenci umat islam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Akun Facebook Enung Nurhayati ikut membagikan narasi yang menyebut virus korona adalah sejanta biologis untuk membunuh warga muslim Tiongkok. Berikut kutipan penggalan narasinya: "Penyebaran Virus Corona di Wuhan merupakan senjata mematikan yang dilancarkan rejim Komunis China dalam rangka program Nasional yang mereka sebut Memberantas Muslim. Mengapa hal ini dilakukan di Wuhan? Karena RRC belajar dari kasus pembasmian Muslim Uyghur yang menjadi sorotan dunia Islam. Dengan cara penyebaran virus mematikan di Wuhan maka ada alasan bagi rejim Komunis China untuk mengisolasi Warga Wuhan dan mengidentifikasi setiap Muslim di Wuhan untuk di eksekusi mirip yang dilakukan di Uyghur. Link berita Idul Adha di Wuhan ini sengaja ditampilkan agar Publik faham keadaan yang sesungguhnya. Jangan tertipu dengan muslihat Komunis China yang tetap akan membasmi Muslim di negeri tersebut. RRC dalam kasus ini patut diduga mengembangkan dan memanfaatkan senjata Biologi untuk meluluh lantakkan Muslim Wuhan dengan cara taktik Isolasi. Saat ini 56 Juta penduduk berhasil di isolasi dan discreening dengan dalih penyebaran Virus Corona, sehingga upaya memisahkan mana Muslim dan mana yang bukan Muslim lebih mudah dilakukan. Untuk kemudian dimasukkan dalam sel sel mirip di Uyghur dengan dalih menghentikan penyebaran Virus Corona yang mematikan. Siapa yang menyebarkan Virus Corona di Wuhan? Siapa pula target utama program besar ini?. Semoga semua pengamat dan peneliti dapat meluangkan waktu mengkaji lebih dalam kasus Wuhan ini. (Dr. Zul Khair Astari Hasan,Pusat Kajian Bumiputera-Jogjakarta)".
 

[Cek Fakta] Virus Korona adalah Senjata Biologis Tiongkok yang Bocor dari Laboratorium? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, narasi yang menyebut bahwa virus korona merupakan senjata biologi yang bocor dari laboratorium di Wuhan untuk membunuh warga muslim di Tiongkok tidak berdasar. Informasi ini berawal dari pemberitaan Washington Times yang memuat artikel daring berjudul "Virus-hit Wuhan has two laboratories linked to Chinese bio-warfare program" pada Jumat 24 Januari 2020.
 
Artikel tersebut memuat hasil wawancara dengan mantan pejabat intelijen militer Israel Dany Shoham. Shoham menjelaskan bahwa virus korona kemungkinan berasal dari Wuhan Institute of Virology.
 
"Virus corona (terutama SARS) yang telah dipelajari di institut itu dan mungkin disimpan di sana. SARS termasuk dalam program senjata biologi Tiongkok, dan diteliti di beberapa fasilitas terkait," papar Shoham.
 
Masih dari artikel tersebut, Shoham mengatakan kemungkinan virus korona termasuk dalam program senjata biologis. Saat ditanya apakah virus Korona bocor dari laboratorium, Shoham menjawab: "Pada prinsipnya, infiltrasi virus keluar mungkin terjadi sebagai kebocoran atau infeksi tanpa disadari di dalam ruangan pada seseorang yang secara normal keluar dari fasilitas tersebut. Ini dapat menjadi kasus pada Wuhan Institute of Virology, tapi sejauh ini tidak ada bukti atau indikasi insiden semacam itu" jelas Shoham.
 

[Cek Fakta] Virus Korona adalah Senjata Biologis Tiongkok yang Bocor dari Laboratorium? Ini Faktanya
 

Pernyataan Shoham terkait dugaan menyebarnya virus korona karena bocor dari laboratorium di Wuhan Institute of Virology tidak didasarkan bukti. Namun, narasi-narasi yang muncul di berbagai media sosial tidak memuat kutipan tersebut. Seolah, Shoham mengonfirmasi kebenaran virus korona bocor dari laboratorium di Wuhan Institute of Virology.
 
Dilansir situs pemeriksa fakta berbasis di Kazakhstan, factcheck.kz, yang terasosiasi dengan Poynter Institute for Media Studies, mendapat jawaban langsung dari Shoham terkait hasil wawancaranya yang dimuat oleh Washington Times. Berikut klarifikasi dari Shoham:

"Terima kasih atas pertanyaan Anda.
Saya ditanya oleh Washington Times tentang hubungan semacam itu, dan saya menyarankan kemungkinan hubungan dengan program pengembangan perang biologis Cina dalam bentuk kebocoran virus, tetapi saya menambahkan bahwa: "tidak ada bukti atau bukti dari insiden semacam itu." Segala sesuatu yang terjadi, tentu saja, bisa sepenuhnya alami, dan itulah yang tampak seperti saat ini. Lebih banyak informasi diperlukan tentang asal usul virus
"


Merujuk pemberitaan Medcom.id, melalui artikel berjudul "Apa Itu Virus Korona dan Bagaimana Kekhawatiran Kita Seharusnya?" disebutkan bahwa virus Korona atau coronavirus berasal dari hewan. Wabah virus Koronoa yang menyebar dari Wuhan merupakan Coronavirus Baru - artinya, anggota famili coronavirus yang belum pernah ditemukan sebelumnya.
 

[Cek Fakta] Virus Korona adalah Senjata Biologis Tiongkok yang Bocor dari Laboratorium? Ini Faktanya
 

Sementara itu, klaim bahwa virus Korona untuk membunuh warga muslim di kota Wuhan, karena populasi muslim di kota itu terbesar di Tiongkok setela provinsi Xinjiang, adalah salah. Kami juga telah memeriksa klaim tersebut, selengkanya bisa di lihat disini.
 

[Cek Fakta] Virus Korona adalah Senjata Biologis Tiongkok yang Bocor dari Laboratorium? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa virus korona merupakan senjata biologi yang bocor dari laboratorium di Wuhan untuk membunuh warga muslim di Tiongkok tidak berdasar. Tak ada bukti yang menjelaskan penyebaran virus Korona di Wuhan berasal dari Laboratorium di Wuhan Institute of Virology yang bocor.
 

Referensi:
https://www.washingtontimes.com/news/2020/jan/24/virus-hit-wuhan-has-two-laboratories-linked-chines/
https://factcheck.kz/health/manipulyaciya-izrailskij-ekspert-svyazal-koronavirus-s-biologicheskim-oruzhiem/
https://www.medcom.id/rona/kesehatan/eN4RpBrk-apa-itu-virus-korona-dan-bagaimana-kekhawatiran-kita-seharusnya
 

Sumber:
https://www.washingtontimes.com/news/2020/jan/24/virus-hit-wuhan-has-two-laboratories-linked-chines/
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=2513196815470326&set=a.408243825965646&type=3&theater
 

 

(WAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif