Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Virus Korona Sengaja Disebarkan Rezim Tiongkok untuk Membasmi Umat Islam di Wuhan? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 27 Januari 2020 16:26
Beredar sebuah narasi bahwa virus Korona sengaja disebarkan rezim di Wuhan, Hubei, Tiongkok pada Desember 2019. Penyebaran ini dimaksudkan untuk membasmi umat Islam di wilayah tersebut.
 
Adalah akun facebook Jasmine Greentea yang turut mengunggah narasi tersebut pada Minggu 26 Januari 2020. Dalam narasi yang dibagikan akun tersebut, penyebaran Korona di Wuhan, Hubei, lantaran menjadi salah satu propinsi di Tiongkok yang memiliki penduduk Muslim sangat banyak.
 
"Mengapa hal ini dilakukan di Wuhan? Karena RRC belajar dari kasus pembasmian Muslim Uyghur yang menjadi sorotan dunia Islam. Dengan cara penyebaran virus mematikan di Wuhan maka ada alasan bagi rejim Komunis China untuk mengisolasi Warga Wuhan dan mengidentifikasi setiap Muslim di Wuhan untuk di eksekusi mirip yang dilakukan di Uyghur," seperti tertulis dalam narasi yang dibagikan akun Jasmine Greentea.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Virus Korona Sengaja Disebarkan Rezim Tiongkok untuk Membasmi Umat Islam di Wuhan? Ini Faktanya
Berikut narasi lengkapnya:
 
**CORONA & MUSLIM WUHAN**
 
""COPAS""
Masyarakat Internasional patut curiga dengan sebaran virus Corona di Wuhan. Wuhan salah satu Propinsi di China yang memiliki Penduduk Muslim sangat banyak. Pengamat Asia Dr. Ainal Khan mengatakan bahwa setelah Uyghur maka Pemerintah Komunis China memang mentargetkan membasmi habis pertumbuhan Muslim di Wuhan. Karena Wuhan salah satu Kota di RRC yang pertumbuhan Muslim nya sangat pesat dan Masjid Masjid telah banyak berdiri sejak lama di Wuhan. Bahkan Sejarah Islam di Wuhan telah ada sejak era Khulafaurrasyidin ketika delegasi yang dikirim Umar bin Khatab RA sampai di Wuhan dan mendirikan Masjid pertama disana*.
 
Penyebaran Virus Corona di Wuhan merupakan senjata mematikan yang dilancarkan rejim Komunis China dalam rangka program Nasional yang mereka sebut Memberantas Muslim. Mengapa hal ini dilakukan di Wuhan? Karena RRC belajar dari kasus pembasmian Muslim Uyghur yang menjadi sorotan dunia Islam. Dengan cara penyebaran virus mematikan di Wuhan maka ada alasan bagi rejim Komunis China untuk mengisolasi Warga Wuhan dan mengidentifikasi setiap Muslim di Wuhan untuk di eksekusi mirip yang dilakukan di Uyghur.
 
Link berita Idul Adha di Wuhan ini sengaja ditampilkan agar Publik faham keadaan yang sesungguhnya. Jangan tertipu dengan muslihat Komunis China yang tetap akan membasmi Muslim di negeri tersebut. RRC dalam kasus ini patut diduga mengembangkan dan memanfaatkan senjata Biologi untuk meluluh lantakkan Muslim Wuhan dengan cara taktik Isolasi.
 
Saat ini 56 Juta penduduk berhasil di isolasi dan discreening dengan dalih penyebaran Virus Corona, sehingga upaya memisahkan mana Muslim dan mana yang bukan Muslim lebih mudah dilakukan. Untuk kemudian dimasukkan dalam sel-sel mirip di Uyghur dengan dalih menghentikan penyebaran Virus Corona yang mematikan. Siapa yang menyebarkan Virus Corona di Wuhan? Siapa pula target utama program besar ini?. Semoga semua pengamat dan peneliti dapat meluangkan waktu mengkaji lebih dalam kasus Wuhan ini.
 
(Dr. Zul Khair Astari Hasan, Pusat Kajian Bumiputera-Jogjakarta).

 

Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa penyebaran virus Korona untuk membasmi umat Islam di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, tidak berdasar.
 
Benar bahwa Pemerintah Tiongkok tengah berjibaku mengendalikan penyebaran virus itu agar tidak semakin meluas. Di antaranya per 23 Januari 2020, otoritas setempat membatasi total perjalanan warga dari dan ke Wuhan. Kemudian mewajibkan warga menggunakan masker khusus.
 
Per Senin pagi, 27 Januari 2020, Pemerintah Tiongkok menyatakan korban tewas menjadi 80 orang total. Sementara total kasus terkonfirmasi mencapai 2.744 kasus di seantero Tiongkok.
 

[Cek Fakta] Virus Korona Sengaja Disebarkan Rezim Tiongkok untuk Membasmi Umat Islam di Wuhan? Ini Faktanya
 

Perdana Menteri (PM) Li Keqiang menjadi pejabat paling senior di Tiongkok yang memutuskan datang ke kota Wuhan, Senin 27 Januari 2020. Kunjungan PM Li untuk menginvestigasi dan memandu upaya pengendalian virus di kota berpenduduk 11 juta jiwa tersebut.
 

[Cek Fakta] Virus Korona Sengaja Disebarkan Rezim Tiongkok untuk Membasmi Umat Islam di Wuhan? Ini Faktanya
 

Konsultan Medis Media Group dr. Chairudin menyebut virus dengan tipe Novel Coronavirus (nCoV) itu diduga menyebar dari pasar seafood.
 
"US CDC (United States Centers for Diseases Control and Pevention) mengidentifikasi dan menduga seafood market menjadi pusat penyebaran saat menjelang 1 Januari 2020," kata Chairudin kepada Medcom.id, Sabtu 25 Januari 2020.
 

[Cek Fakta] Virus Korona Sengaja Disebarkan Rezim Tiongkok untuk Membasmi Umat Islam di Wuhan? Ini Faktanya
 

Kepala Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok Ma Xiaowei menegaskan bahwa Negeri Tirai Bambu saat ini sedang berada dalam periode kritis pengendalian dan pencegahan virus korona nCoV.
 
Ma meyakini situasi terkini cukup rumit. Pihaknya optimistis dapat melakukan pengendalian secara efektif.
 
Virus korona nCoV telah bermunculan di banyak negara, di antaranya Thailand, Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Taiwan, Singapura, Malaysia, Kanada, Prancis bahkan Amerika Serikat.
 
Sementara itu klaim bahwa Wuhan, Hubei, termasuk salah satu propinsi di Tiongkok yang memiliki penduduk Muslim sangat banyak, adalah salah. Dikutip dari Wikipedia, Wuhan (Hubei) tidak termasuk wilayah dengan penduduk Muslim terbanyak di Tiongkok.
 
Namun propinsi dengan populasi muslim terbanyak adalah di wilayah Xinjiang, Ningxia, Gansu dan Qinghai. Adapun populasi Muslim khusus di Wuhan berdasarkan data 2017, hanya 1,6 persen.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Penyebaran virus Korona untuk membasmi umat Islam di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok, adalah salah.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta.
 
Sumber:
https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=157182865715923&id=100042726302702
 

Referensi:
1. https://www.medcom.id/internasional/asia/yKXGRwZk-pm-tiongkok-kunjungi-kota-wuhan
2. https://www.medcom.id/internasional/asia/nbwQaJxK-korban-tewas-virus-korona-melonjak-jadi-80-orang
3. https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/GNGj3vrK-perjalanan-penyebaran-virus-korona
4. Wikipedia
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif