Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Kanal YouTube Ini Unggah Video Medan Mencekam Masjid Dibakar karena Langgar PPKM? Simak Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 27 Juli 2021 14:03
Beredar sebuah video dengan narasi bahwa kondisi di kota Medan, Sumatera Utara dalam keadaan mencekam. Pasalnya sejumlah kios dan masjid dibakar karena melanggar aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
 
Adalah kanal YouTube POROS TENGAH yang mengunggah video dengan narasi tersebut, 25 Juli 2021. Berikut narasi selengkapnya:


"VIRAL HARI INI ~ MEDAN MENCEKAM !! BIADAP AKIBAT LANGGAR PPKM KIOS DAN MASJID DIBAKAR ~ NEWS."


Video ini sudah ditonton lebih dari 181 ribu kali. Sejumlah akun meyakini informasi bahwa ada masjid yang dibakar di video tersebut.
 

Benarkah video itu memperlihatkan masjid dibakar?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Kanal YouTube Ini Unggah Video Medan Mencekam Masjid Dibakar karena Langgar PPKM? Simak Faktanya
Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa video itu memperlihatkan masjid dibakar, adalah salah. Faktanya, tidak ada rumah ibadah manapun, termasuk masjid yang dibakar dan terbakar.
 
Video identik juga sempat dijadikan hoaks beberapa waktu lalu. Kala itu, narasi yang beredar sebuah gereja dibakar.
 
Video itu sebenarnya memperlihatkan suasana tawuran yang terjadi di kawasan Belawan, Medan pada Rabu 21 Juli 2021. Sejumlah warga antarkampung melakukan tawuran.
 
Kapolsek Belawan Kompol Daniel Naibaho berupaya meredamkan tawuran tersebut. Namun jumlah massa tidak sebanding dengan kekuatan personel.


"Hanya saja, pada saat dia (Kapolsek) datang, itu jumlah kekuatannya tidak sebanding dengan jumlah massa yang terlibat tawuran," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi seperti dilansir Detik.com.


Hadi menambahkan, pihaknya juga sedang mengusut pelaku yang membuat narasi hoaks terkait video tersebut. Hadi berjanji, pihaknya akan mendalami lebih lanjut.


"Kita akan mendalaminya," kata Hadi seperti dimuat Detik.com, Sabtu 24 Juli 2021.


 
[Cek Fakta] Kanal YouTube Ini Unggah Video Medan Mencekam Masjid Dibakar karena Langgar PPKM? Simak Faktanya
 

Baca juga:[Cek Fakta] Video Pembakaran Gereja di Belawan, Medan? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa video itu memperlihatkan masjid dibakar, adalah salah. Faktanya, tidak ada rumah ibadah manapun, termasuk masjid yang dibakar dan terbakar.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Kanal YouTube Ini Unggah Video Medan Mencekam Masjid Dibakar karena Langgar PPKM? Simak Faktanya
 

Referensi:
https://news.detik.com/berita/d-5655096/polisi-usut-penyebar-hoax-provokasi-tawuran-di-medan-belawan
https://medan.tribunnews.com/2021/07/21/belawan-mencekam-gereja-nyaris-dibakar-dan-warga-saling-serang-disaksikan-kapolsek-belawan?page=all&_ga=2.252188553.1076700555.1627367721-8016130.1626843071
https://archive.md/rpjgO
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif