Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Foto Seekor Kucing Berusia 30 Tahun? Begini Faktanya

Medcom Files kelainan genetik Cek Fakta kabar hoaks kucing peliharaan
Wanda Indana • 29 Oktober 2021 11:16
Beredar sebuah foto memperlihatkan seekor kucing yang diklaim sudah berusia 30 tahun. Foto ini beredar di media sosial.
 
Akun Instagram @muhammad_khalil_99 membagikan foto itu pada Minggu, 22 Oktober 2021. Wajah kucing pada foto yang beredar terlihat mengendur seperti berusia sangat tua.

“30 tahun dah umur kucing ni, bersamaan 90 tahun umur manusia, kategori moyang dah ni gais” narasi pada foto.


Benarkah foto yang beredar tersebut memperlihatkan seekor kucing yang diklaim sudah berusia 30 tahun? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Seekor Kucing Berusia 30 Tahun? Begini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada foto yang beredar memperlihatkanseekor kucing yang diklaim sudah berusia 30 tahun adalah salah. Faktanya, kucing pada foto mengalami kelainan genetik yang membuat kulit wajahnya mengendur. Dilansirthemighty.com seperti dilaporkan Turnbackhoax.id, kucing tersebut bernama Toby yang diadopsi oleh pasangan Georgina Price dan pasangannya Christopher Lardner asal Stroud, Gloucestershire, Inggris.
 
Toby merupakan kucing yang didiagnosis menderita Ehlers-Danlos syndrome (EDS), atau yang lebih dikenal sebagai Feline Cutaneous Asthenia (FCA) di dunia kucing. Sindrom tersebut merupakan kondisi genetik yang mempengaruhi jumlah dan struktur kolagen dalam tubuh, sehingga sindrom tersebutlah yang menyebabkan Toby memiliki kulit yang mengendur atau menggantung dari tubuhnya karena tidak adanya elastisitas pada kulitnya.
 
Georgina mengaku kekhawatirannya atas dampak yang dapat diterima Toby atas sindrom tersebut, sehingga ia berusaha untuk membatasi beberapa aktivitas Toby, seperti melakukan lompatan, tujuannya adalah untuk mengurangi tekanan pada persendiannya, karena EDS juga memiliki pengaruh pada persendian penderitanya. Hal itulah yang menyebabkan Toby mudah terluka, bahkan saat melakukan aktivitas rutin.
 
"Kami belum pernah mendengar tentang EDS sebelum kami menemukannya, kami hanya tahu bahwa dia membutuhkan rumah yang penuh kasih dan kami memiliki begitu banyak cinta untuk diberikan," kata Price
 
Mengutip akun Instagram @tummyandgummy yang dikelola oleh Georgina dan Christopher, dijelaskan juga bahwa kucing itu berusia 6 tahun.Kelainan yang diderita Toby menyebabkan kulitnya terlihat mengendur dan mudah terluka.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Seekor Kucing Berusia 30 Tahun? Begini Faktanya
 

Baca Juga: [Cek Fakta] Ekonom AS Sebut Pinjol Berkembang di Negara yang Pemimpimnya Suka Mengutang? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada foto yang beredar memperlihatkanseekor kucing yang diklaim sudah berusia 30 tahun adalah salah. Faktanya, kucing pada foto mengalami kelainan genetik yang membuat kulit wajahnya mengendur.
 
Informasi ini jenis hoaksfalse context(konteks keliru).False contextadalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Seekor Kucing Berusia 30 Tahun? Begini Faktanya
 

Referensi:

https://themighty.com/2019/06/toby-cat-ehlers-danlos-syndrome/
https://www.instagram.com/p/BwkdzTdBt8a/?utm_medium=copy_link
https://turnbackhoax.id/2021/10/27/salah-kucing-berusia-30-tahun-atau-setara-dengan-90-tahun-umur-manusia/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif