Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto:MI/Panca Syurkani)
Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto:MI/Panca Syurkani)

Menteri Pariwisata Luncurkan Calendar Of Events 2020

Rona pariwisata
Sunnaholomi Halakrispen • 16 Oktober 2019 06:04
Jakarta: Menteri Pariwisata Arief Yahya resmi meluncurkan Calendar of Events (COE) 2020. Acara ini dihadiri oleh sejumlah Kepala Daerah dan Kepala Dinas Pariwisata dari 34  provinsi seluruh Indonesia.
 
COE Wonderful Indonesia sendiri merupakan program strategis Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Tujuannya, mempromosikan destinasi pariwisata dalam negeri, melalui atraksi atau events.
 
Promosi dilakukan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) untuk tertarik berwisata di Indonesia. Begitu pula, untuk menggerakan wisatawan nusantara (wisnus) berwisata di Tanah Air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami harapkan daerah serius menyusun dan menggarap event-event yang masuk dalam 100 COE 2020 agar bisa mendatangkan wisman lebih banyak lagi ke Indonesia," ujar Arief di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019.
 
Menpar pun mengapresiasi launching COE kali ini, yang akan memberikan dampak besar dalam mendongkrak kunjungan wisman. Serta menggerakkan wisnus ke destinasi yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.
 
Sebanyak 100 event pariwisata unggulan akan digelar sepanjang tahun 2020 mendatang. Sehingga nantinya, memudahkan seluruh wisatawan dalam mengetahui event-event pariwisata yang ada di daerah di Indonesia.
 
"Daerah yang menggelar event pariwisata jadi dikenal oleh wisatawan dunia dan menarik wisatawan untuk mengetahui destinasi di daerah itu," paparnya.
 
Ratusan event pariwisata yang diusulkan daerah dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Kemudian, dikurasi oleh Tim Kurator Kemenpar untuk ditetapkan sebagai 100 COE Wonderful Indonesia 2020. Di antara 100 event tersebut juga ditetapkan sebagai Top 10 COE 2020.
 
"Keseluruhan event yang masuk dalam CoE 2020 akan mendapatkan pendampingan dan dukungan promosi media, serta dukungan penyelenggaraan pada saat event berlangsung dari Kemenpar agar memiliki nilai jual," tuturnya.
 
Salah satu destinasi daerah, Kabupaten Banyuwangi, tahun ini menggelar 99 event pariwisata dan tiga event di antaranya masuk dalam 100 COE 2019. Demikian juga dapat mendongkrak kunjungan wisatawan.
 
Sementara itu, penetapan COE Wonderful Indonesia berawal dari arahan Presiden Joko Widodo saat Sail Tomini tahun 2015 silam. Presiden Jokowi mengharapkan agar penyelenggaraan event di Indonesia mempunyai standar nasional dan internasional dalam kemasannya.
 
"Harus diperhatikan, dimaksimalkan dari segi koreografi, arrangement music, designer, penataan kostum juga. Semuanya harus diperhatikan, agar menarik perhatian wisatawan," imbuh Arief.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif