Ingin tahu fusion masakan India dengan Indonesia? Anda bisa mencoba berbagai makanan ini di bilangan Jakarta Selatan. (Foto: Dok. Medcom.id/Sandra Odilifia)
Ingin tahu fusion masakan India dengan Indonesia? Anda bisa mencoba berbagai makanan ini di bilangan Jakarta Selatan. (Foto: Dok. Medcom.id/Sandra Odilifia)

Mencicipi Kuliner Bercita Rasa Indo-Indian

Rona kuliner
Medcom • 03 Oktober 2019 17:56
Jakarta: India terkenal dengan film dan drama yang menarik, namun di balik itu, India juga memiliki budaya yang kental serta ragam makanannya yang khas dengan rempah-rempah.
 
Ingin menikmati masakan cita rasa Bollywood dengan harga yang standar? Kini Anda tak perlu bingung, karena sebuah food court di bilangan Jakarta Selatan dapat menghidangkan makanan sesuai dengan keinginan Anda.
 
Terletak di food court, bernama Cita Rasa tepatnya terletak di Mall Ambasador, lantai 4, food district Jalan Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan. Sesuai dengan tagline-nya 'Indo-Indian Fusion Food', Cita Rasa memadukan masakan India dan Indonesia di dalamnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Meskipun ada nasi Kebuli, nasi Kabsa, nasi Biryani dan lain-lain, di dalamnya tetap kita pikirkan bagaimana cita rasa Indonesia," ujar Satinder Haans owner dari Cita Rasa saat ditemui di Mall Ambasador, Selasa, 1 Oktober 2019.
 
Mencicipi Kuliner Bercita Rasa Indo-Indian
(Kenikmatan nasi biryani yang tersaji di Cita Rasa. Foto: Dok. Medcom.id/Sandra Odilifia)
 
Cita Rasa merupakan waralaba dari Indian Delights, yang hadir untuk memberikan hidangan India dengan harga yang standar. Meskipun Cita Rasa baru sekitar empat bulan di tempat ini, rupanya banyak yang memesan makanan ini secara online untuk pribadi maupun katering.
 
"Semua orang dulu berpikir Indian food adalah restoran yang besar di mal yang jauh dan mahal. Untuk itu kita membuat konsep untuk kelas bawah hingga menengah, jadi mereka bisa mendapatkan makan, minum dan kopi hanya dengan uang Rp50 ribu. Dari pemikiran itulah, muncul 'Cita Rasa' ini," kata Hans.
 
"Kita membuat konsep yang lebih murah dari restoran Indian lainnya, meskipun ini adalah food court, bukan restoran," tambahnya.

Menu favorit

Menurut lelaki yang disapa Hans ini, semua pecinta kuliner India bisa menikmati makanan India dengan harga yang miring namun kualitasnya tak kalah dengan restoran India lainnya. Ia berkata, "Cita Rasa pun kokinya langsung dari India," papar lelaki berpostur tinggi ini. Salah satu menu favorit yang ada di Cita Rasa adalah Roti Naan.
 
Sejenis roti pipih berbahan dasar tepung gandum atau tepung serbaguna yang dipanggang, ditambah taburan keju ditemani dengan saus kari. Yumm.. Paduan roti Naan yang dicocol dengan karinya yang gurih bisa membuat Anda 'melayang' karena kelezatannya.
 
Mencicipi Kuliner Bercita Rasa Indo-Indian
(Perpaduan roti naan yang dicocol dengan kari yang gurih dan ayam yang empuk terasa bumbu hingga ke dalamnya, dijamin bisa membuat Anda ketagihan. Foto: Dok. Medcom.id/Sandra Odilifia)
 
Tapi, tunggu dulu. Anda bisa memilih roti Naannya yang terdiri dari beberapa isi yang dapat dipesan, yaitu berisi kentang atau kol. Tapi jika Anda penyuka roti Naan polos seperti kami, juga boleh-boleh saja.
 
Menu favorit lainnya sebagian besar berasal dari India Utara yaitu nasi Biryani dengan ayam, kambing, ikan ataupun sayuran bagi vegetarian.
 
Selain nasi, kari dengan rasa fantastis juga menjadi favorit di food court ini. Pilihan karinya cukup beragam, mulai dari kari polos, kari vegetarian, kari kambing dan kari ayam.

Masala tea

Jika di Indonesia terkenal minuman 'bandrek', Cita Rasa memiliki minuman serupa dengan nama Masala tea. Berupa teh yang dibuat dengan campuran rempah-rempah aromatik.
 
Terdiri dari rempah-rempah kapulaga, jahe, cengkih, dan kayu manis yang bagus untuk kesehatan. "Jadi, orang yang sedang demam, minum teh India 'Masala tea' itu bisa membuatnya lebih baik dan sembuh," terang Hans.
 
Selain Masala tea, Cita Rasa juga memiliki minuman ikonik seperti Jal Jeera Mojito dan Mango Selasih.
 
Mencicipi Kuliner Bercita Rasa Indo-Indian
(Masala tea merupakan teh dengan rasa yang unik perpaduan antara kapulaga, jahe, cengkih, dan kayu manis ala India. Foto: Dok. Medcom.id/Sandra Odilifia)
 
Mendengarkan feedback dan masukan pelanggan merupakan ciri khas dari food court Cita Rasa. Misalnya saja yang ia perlihatkan dalam telepon genggamnya.
 
"I have been ordering food the past few weeks and it's been very tasty. Had Biryani over the weekend and chicken curry today, pretty awesome taste. Very Good work," tulis Akshay melalui Whatsapp yang 24 jam bisa dikirimkan respons yang pelanggan rasakan.
 
Menyesuaikan cita rasa masakan dengan keinginan pelanggan adalah hal yang harus diperhatikan.
 
"Dari masukan pelanggan kemudian kita yang akan menyesuaikan. Contohnya, konsumen bilang tidak mau terlalu pedas, berlemak atau berminyak, kemudian kita buatkan. Kebanyakan di wilayah ini, pedagang sudah terima jadi atau mendapatkan bahan langsung dari pusat sehingga tidak bisa diubah lagi, nah sedangkan kita bisa. Sehingga itu jadi ciri khas kita," pungkas Hans.
 
Anda tidak takut akan pendapat customer dalam pesan tersebut? "Tidak," tegas pria ramah ini. "Kita welcome mereka, and then kita terima kasih banyak. (Dari situ) kita bisa lebih baik lagi."
 
Jadi, jika Anda ingin mencicipi kuliner perpaduan Indonesia-India, Cita Rasa bisa jadi tempat pilihan Anda bersama kolega atau keluarga. Atau jika ingin menikmatinya sendirian, juga sah-sah saja. Selamat menikmati kuliner fushion Indonesia dan India.
 
Sandra Odilifia
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif