Ramen atau mie instan merupakan salah satu bahan makanan yang sangat populer di Indonesia. (Ilustrasi/Pexels)
Ramen atau mie instan merupakan salah satu bahan makanan yang sangat populer di Indonesia. (Ilustrasi/Pexels)

Fakta-fakta Mengenai Ramen Instan

Rona kuliner kuliner asia
Raka Lestari • 15 Mei 2020 06:11
Jakarta: Ramen atau mie instan merupakan salah satu bahan makanan yang sangat populer di Indonesia. Cara penyajian yang mudah dengan rasa yang lezat membuat ramen menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Namun tidak banyak orang yang tahu mengenai kisah-kisah menarik di balik ramen.
 
Dilansir dari Insider, berikut ini adalah beberapa fakta-fakta menegenai ramen yang mungkin belum Anda ketahui:

Ramen pada awalnya dianggap sebagai bahan makanan mewah 

Ketika pertama kali diperkenalkan di supermarket-supermarket yang ada di Jepang, ramen pada awalnya memiliki harga enam kali lebih mahal daripada mie yang segar. Akan tetap, saat ini ramen dianggap sebagai makanan murah. Satu bungkus ramen pada umumnya dijual dengan harga 25 sen dollar Amerika.

Tiongkok mengonsumsi ramen terbanyak di dunia 

Berdasarkan World Instant Noodle Association, penduduk di daratan Tiongkok dan Hong Kong mengonsumsi lebih dari 40 miliar sajian ramen instan pada tahun 2019. Sedangkan Indonesia merupakan negara kedua yang mengonsumsi mie instan terbanyak. Pada tahun 2019, masyarakat Indonesia mengonsumsi lebih dari 12 miliar sajian mie instan.

Ramen atau mie instan pertama kali ditemukan di Jepang

Mie instan ditemukan  oleh Momofuku Ando dari perusahaan Nissin Foods di Jepang pada tahun 1958. Pada saat itu, perusahaan tersebut meluncurkan produk dengan nama "Chikin Ramen." Mie instan pertama diciptakan untuk memberi makan orang selama masa ketidakpastian ekonomi setelah Perang Dunia II.
 
Ando meninggal di usia 96 karena gagal jantung di Osaka, Jepang, pada Januari 2007. Disebutkan bahwa ia mengonsumsi ramen instan rasa ayam hampir setiap hari sampai kematiannya.

Terdapat museum ramen di Osaka, Jepang 

Museum ini dibukan oleh Ando, sang penemu mie instan gelas pada tahun 1999. Museum ini menghadirkan banyak pameran dan atraksi yang terinspirasi oleh sejarah mi instan, mulai dari pabrik mie instan sampai teater dalam bentuk mie instan gelas.

Ramen bisa dikonsumsi di luar angkasa 

Dibuat khusus untuk astronot Jepang Soichi Noguchi, mie instan luar angkasa pertama kali ditemukan oleh Nissin pada Juli 2005. “Aku menyadari bahwa mimpiku agar mie dapat pergi ke luar angkasa bisa tercapai akhirnya,” ujar Ando dikutip dari The New York Times.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif