Travel fair di Kota Kasablanka telah digelar mulai 30 September- 6 Oktober 2019 (Foto: Kumara/Medcom.id)
Travel fair di Kota Kasablanka telah digelar mulai 30 September- 6 Oktober 2019 (Foto: Kumara/Medcom.id)

Diprediksi, Destinasi Internasional Jadi Favorit pada Akhir Tahun

Rona liburan
Kumara Anggita • 04 Oktober 2019 06:04
Jakarta: Menjelang masa liburan, Mister Aladin gelar travel fair di Kota Kasablanka pada 30 September- 6 Oktober 2019. Di sini, bakal ada talk show, liburan grastis, berbagai promo yang menarik untuk digunakan pada liburan akhir tahun, dan lain-lain.
 
Berbeda dengan liburan idulfitri yang didominasi destinasi domestik, diperkirakan destinasi internasional lebih populer pada liburan akhir tahun. Menurut data dari hubud.dephub.go.id, jumlah wisatawan Indonesia yang pergi ke luar negeri pada kurun waktu Desember 2018 hingga Januari 2019 meningkat 14,12 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun 2017.
 
Pemesanan hotel di luar negeri pun meningkat di kuarya IV. Data Mister Aladin di kuartal IV 2018 menunjukkan pemesanan hotel di Bangkok meningkat sebesar 54 persen, Kuala Lumpur 48 persen, dan Penang 40 persen dibandingkan kuartal III. Di Eropa pun, pemesanan hotel meningkat sebanyak 2,3 lipat pada akhir 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun bukan berarti destinasi domestik ditinggalkan. Hal ini terlihat dari data di Mister Aladin yang menunjukkan bahwa peningkatan pemesanan hotel di kuartal IV 2018 yang paling besar adalah Yogyakarya (53 persen), disusul Malang (50 persen), dan Bandung (30 persen) dibandingkan di kuartal III tahun 2018.
 
Selain itu, permintaan terhadap kereta api juga meningkat secara konstan sebesar 30 persen per kuartal sejak diluncurkan hingga juli 2019.
 
"Fitur kereta api dan pesawat internasional diluncurkan untuk menyeimbangkan permintaan dari pelanggan kami yang semakin tinggi. Kami optimis peluncuran kedua fitur ini akan membuat penjualan secara keseluruhan di tahun 2019 meningkat. Terlebih dengan tren jumlah transaksi di kuartal IV yang selalu lebih besar dibanding kuartal III," kata Veranika Gunawan, Chief Executive Officer Mister Aladin.
 
"Menurut survei yang dilakukan tim kami, rata-rata masyarakat Indonesia traveling sebanyak 2-7 kali dalam setahun untuk tujuan berbisnis dan berlibur. Hal ini menunkukan bahwa traveling sudah menjadi bagian dari gaya hidup," lanjutnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif