Bakwan renyah tak melulu identik dengan pakai plastik. Dengan cara ini dijamin bala-bala Anda tak lemas lagi alias renyah. (Foto: Dok. Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)
Bakwan renyah tak melulu identik dengan pakai plastik. Dengan cara ini dijamin bala-bala Anda tak lemas lagi alias renyah. (Foto: Dok. Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)

Resep Gorengan Bakwan Renyah

Rona resep masakan tips & trik resep membuat bakwan
Sunnaholomi Halakrispen • 05 Mei 2020 15:09
Jakarta: Gorengan bala-bala atau bakwan yang renyah bisa dinikmati kapan pun. Baik itu untuk sarapan, teman makan siang, camilan sore, ataupun untuk menu berbuka puasa. Namun, gorengan renyah dicurigai menggunakan plastik. Tentunya hal itu belum tentu benar.
 
Sebab, Anda bisa mendapatkannya dengan bahan yang mudah didapatkan. Betul, Anda bahkan akan mampu membuat gorengan bala-bala yang renyah nikmat sendiri saat di rumah saja di tengah wabah korona covid-19 seperti sekarang ini.

Bahan:

2 bonggol jagung manis
1 wortel ukuran sedang
200 gr tepung terigu
5 sdm tepung sagu
½ sdt baking powder
2 batang daun bawang
250 mL air mineral 

Bumbu halus:

3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
Garam sesuai selera
Gula sesuai selera
Cabai sesuai selera

Cara membuat:

1. Bersihkan jagung dan wortel terlebih dahulu. Setelah dicuci bersih, jagung dipipil dan wortel diiris tipis. Jika Anda kesulitan mengiris wortel, Anda bisa menggunakan parutan yang menghasilkan bentuk panjang tipis.
 
2. Ayak tepung terigu dan tepung sagu. Tambahkan baking powder dan dua batang daun bawang yang telah diiris tipis. Tambahkan juga bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


3. Masukan jagung dan wortel yang telah diparut. Aduk semua bahan tersebut sambil tambahkan air mineral sedikit demi sedikit. Setelah adonan menyatu, cicipi rasanya. Tambahkan garam, gula, cabai, atau merica, jika rasanya kurang memuaskan bagi Anda.
 
4. Setelah itu, panaskan minyak di dalam penggorengan. Saat menggoreng adonan bakwan, tuang adonan dari pinggir penggorengan agar bentuknya tidak tebal dan renyah. Goreng hingga berwarna kuning keemasan atau agak kecoklatan. Tiriskan minyak dari bala-bala yang telah matang dan bakwan renyah siap disantap.
 
Jika takut kolesterol naik karena makan gorengan, jangan takut atau khawatir berlebihan dulu. Anda cukup tiriskan minyak dari gorengan lebih lama agar tidak banyak minyak yang terserap di dalam gorengan Anda sebelum Anda memakannya. 

 

(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif