Bunga-bunga yang bisa dimakan ini bisa dengan mudah ditambahkan pada berbagai hidangan, mulai dari smoothie, salad, atau pudding. (Ilustrasi/Pexels)
Bunga-bunga yang bisa dimakan ini bisa dengan mudah ditambahkan pada berbagai hidangan, mulai dari smoothie, salad, atau pudding. (Ilustrasi/Pexels)

Apakah Semua Jenis Bunga bisa Dimakan?

Rona makanan sehat
Raka Lestari • 13 Februari 2020 13:42
Jakarta: Bunga biasanya sering disajikan sebagai pelengkap dekorasi. Namun beberapa waktu belakangan ini, bunga yang bisa dikonsumsi atau edible flowers menjadi salah satu tren baru.
 
Dilansir dari womenshealthmag, bunga-bunga yang bisa dimakan ini bisa dengan mudah ditambahkan pada berbagai hidangan, mulai dari smoothie, salad, atau pudding.
 
"Istilah, 'dimakan' hanya menunjukkan bahwa bunga ditanam dengan cara yang aman untuk makanan, artinya tidak dirawat dengan pestisida atau pengawet yang tidak aman. Ini juga berarti bahwa bunga itu secara alami tidak mengandung senyawa yang berbahaya atau beracun," jelas Todd Seyfarth, RD, ahli gizi, koki, dan ketua Department of Nutrition and Dietetics di Johnson & Wales University.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, tidak semua bunga yang bisa dimakan layak untuk dimakan. “Terkadang, jenis tanaman dengan warna yang terang dan pekat akan terasa lebih pahit di mulut, sehingga bunga apa saja yang bisa dimakan dapat bervariasi dari setiap orang,” kata Seyfarth.
 
Jika Anda tidak terlalu suka dengan rasa pahit, mungkin Anda lebih baik menghindari bunga-bunga dengan warna yang pekat.
 
Akan tetapi sebenarnya, bunga dengan warna-warna yang pekat justru paling banyak mengandung nutrisi terutama vitamin dan mineral penting. “Semakin berwarna dan semakin pekat warna tanaman tersebut, semakin banyak kandungan antioksidan yang dimiliki tanaman tersebut,” kata Seyfarth.
 
Jika Anda tertarik dengan membumbui makanan Anda, pastikan untuk hanya membeli bunga yang memiliki tanda bahwa bunga tersebut bisa dimakan. “Bunga yang bisa dimakan ini mungkin memang jarang ditemukan, akan tetapi restoran atau tempat-tempat makan biasanya memilikinya,” ujar Seyfarth.
 
Dan jangan lupa bahwa setelah membeli, biasanya bunga memiliki cara persiapan yang berbeda dari buah-buahan dan sayur-sayuran biasa. “Sebagian besar bunga sangat halus dan akan rusak jika dicuci secara kasar,”kata Seyfarth.
 
Ia merekomendasikan untuk mencelupkan bunga-bunga yang dapat dimakan tersebut ke dalam mangkuk berisi air kemudian mengeringkannya secara hati-hati menggunakan tisu atau handuk lembut.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif