Bergabung dengan Tokopedia membawa angin segar bagi Dua Coffee di tengah pandemi ini. (Foto: Metro TV)
Bergabung dengan Tokopedia membawa angin segar bagi Dua Coffee di tengah pandemi ini. (Foto: Metro TV)

Ngopi ala Coffee Shop di Rumah

Rona tokopedia
Gervin Nathaniel Purba • 23 Mei 2020 23:11
Jakarta: Pandemi covid-19 membuat pelaku usaha kopi terpaksa menghentikan sejenak usahanya akibat pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Namun, bagi Anda pecinta kopi, kini menikmati kopi ala kedai kopi bisa di rumah melalui platform marketplace. 
 
Salah satunya, Dua Coffee yang menjual produknya secara online melalui platform digital Tokopedia.
 
Kopi merupakan salah satu komoditas besar di Indonesia. Indonesia sebagai produsen kopi keempat di dunia menjadi negara dengan budaya minum kopi yang unik dan banyak mengekspor kopi ke mancanegara. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Indonesia, kopi tak lagi menjadi alat pelepas kantuk, melainkan sudah menjadi gaya hidup bagi banyak orang. Namun, pandemi covid-19 membawa tantangan bagi masyarakat. Tak terkecuali pelaku bisnis kopi, warung kopi, atau kafe yang sepi pengunjung. 
 
Pengusaha kopi harus putar otak agar mampu bertahan di tengah masa sulit ini. 
 
“Seminggu setelah pengumuman social distancing, omzet kita mulai drop sekitar 60 persen, tapi masih ada customer yang walk in dengan SOP (Standar Operasional Prosedur). Puncak drop-nya ketika pemerintah mulai mencanangkan PSBB. Semua toko kita langsung drop sekitar 80-90 persen,” kata Co-Founder Dua Coffee, Omar Karim.  
 
Ngopi ala Coffee Shop di Rumah
(Foto: Metro TV)
 
Di situasi sulit seperti ini, Omar Karim dan rekannya mencoba menjajaki platform digital untuk berjualan online. Menurutnya, berjualan online di situasi ini menjadi sebuah solusi terbaik agar bisnis bisa tetap bertahan. 
 
Selain strategi berjualan online, Dua Coffee juga menambah beragam varian menu seperti es kopi susu, earl grey dan minuman lainnya dalam kemasan botol 1 liter atau family pack. Dalam memasarkan produknya, Dua Coffee memilih menggunakan platform Tokopedia.
 
“Tokopedia, menjadi satu-satunya e-commerce kita," kata Omar Karim. 
 
Ngopi ala Coffee Shop di Rumah
(Foto: Metro TV)
 
“Dengan kita bergabung di Tokopedia, itu menjawab semuanya, dan penjualan kita mulai naik. Bahkan kita pernah mencapai satu titik di mana omzet kita naik 50 persen dibandingkan sebelum pandemi covid-19.” tutur Omar Karim.
 
Bergabung dengan Tokopedia membawa angin segar bagi Dua Coffee di tengah pandemi ini. Ramadan ini bahkan menjadi bulan puasa dengan omzet tertinggi selama bisnisnya berdiri kurang lebih empat tahun. 
 
Selain menjual kopi dalam ukuran 1 liter, Dua Coffee juga menjual frozen food, jus buah, drip coffee, cokelat, dan teh. Semuanya bisa dinikmati dan diseduh di rumah.
 
“Sensasinya tetap sama kalau diminum di tempat kita.” tutup Omar Karim.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif