Mencegah Jet Lag dalam Perjalanan
Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari sakit akibat bepergian dan jet lag dari perjalanan dengan pesawat. (Foto: Jesse Ramirez/Unsplash.com)
Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa sebanyak 21 persen penumpang pesawat terbang mengeluh sakit flu dalam waktu seminggu setelah melakukan perjalanan dengan pesawat.

2/3 responden dari survei Harvard Business Review mengatakan bahwa persiapan perjalanan, transportasi, penginapan, dan jalan-jalan, membuat mereka stres sehingga menekan sistem kekebalan tubuh.

Studi tahun 2015 menemukan bahwa kehilangan waktu tidur selama bepergian dapat membuat Anda empat kali lebih rentan terkena flu. Itu sebabnya, melakukan persiapan khusus sebelum Anda bepergian menjadi hal yang penting.


Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari sakit akibat bepergian dan jet lag dari perjalanan dengan pesawat.

1. Perkirakan waktu
Jika Anda harus kembali bekerja pada hari Senin setelah seminggu lebih bepergian, kembalilah pada hari Sabtu malam. Dengan begitu, Anda memiliki waktu dua malam untuk menyesuaikan kembali tidur dan bangun pagi serta terhindar dari insomnia sementara.

(Baca juga: Perhatikan Keamanan Rumah Sebelum Mudik)


(Ketika di pesawat, Anda bisa meletakkan bantalan seperti bola kecil di antara punggung dan jok, ini berguna sebagai pijatan kecil yang membuat tubuh lebih rileks. Foto: Ahmed Syed/Unsplash.com)

2. Bawa hand sanitizer
Banyak orang mengira mereka terkena flu setelah terbang karena menghirup udara yang terkontaminasi di luar lingkungannya. Namun, CDC menemukan bahwa kebanyakan pesawat model baru, sebanyak 50 persen udara kabin melewati beberapa filter yang menangkap 99,9 persen partikel.

Kuman dapat bertahan hingga seminggu di sandaran lengan, kaki, meja atau tempat duduk. Karenanya, gunakan hand sanitizer beberapa jam sekali.

3. Melenturkan tubuh selama duduk di pesawat
Tak peduli seberapa bagus postur atau bantal leher Anda, jika duduk selama dua jam atau lebih, Anda akan sakit. Ketika di pesawat, Anda bisa meletakkan bantalan seperti bola kecil di antara punggung dan jok, kemudian geser tubuh Anda sedikit untuk menggulungnya. Ini berguna sebagai pijatan kecil yang membuat tubuh lebih rileks.

4. Sebelum Anda pergi, kunjungi dokter kulit
Jet lag tak hanya dapat membuat kulit terlihat pucat, tapi perubahan lingkungan dan rutinitas perawatan kulit Anda yang terganggu juga dapat meningkatkan risiko kulit tidak terawat.

Sabun wajah yang tersedia di hotel mengandung bahan kimia dan wangi yang dapat menyebabkan kulit berjerawat dan dermatitis kontak juga kulit kering.

5. Obat alami
Mabuk saat perjalanan bisa terjadi akibat dehidrasi. Hindari mabuk perjalanan dengan membawa botol air yang dapat dilipat sehingga tidak menambah barang bawaan Anda.






(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id