Perhatikan Keamanan Rumah Sebelum Mudik
Kebanyakan pencuri akan mengincar rumah yang sedang kosong. Buatlah pengatur waktu dimana lampu rumah menyala di malah hari, atau biarkan lampu menyala selama Anda pergi. (Foto: Lauren Kay/Unsplash.com)
Jakarta: Menjelang Hari Raya Idulfitri, banyak orang mulai bersiap-siap untuk pulang kampung atau mudik. Sebelum meninggalkan rumah dalam beberapa hari, sebaiknya lakukan beberapa persiapan agar rumah tetap aman. 

Berikut adalah beberapa tips agar lebih tenang meninggalkan rumah selama mudik. 

1. Jangan hanya mengandalkan kunci pintu
Setelah mengunci pintu dan jendela, tambahkan alat lain seperti sapu, tongkat, atau alat lain untuk mengganjal jalur masuk ke rumah. 


(Baca juga: 'Rang Minang' yang Pulang Kampung Turun 30%)   

2. Minta tolong tetangga mengambil surat dan paket
Surat dan paket yang berada di depan pintu atau teras adalah pertanda rumah sedang ditinggalkan, di mana ini bisa mengundang pencuri untuk masuk. Mintalah tetangga untuk mengambilkannya hingga Anda kembali. 


(Tak sedikit orang yang memberitahukan keberadaannya melalui media sosial ketika sedang pulang kampung. Ada baiknya Anda menahan sampai tiba kembali di rumah. Hal ini untuk mengindari pencuri yang menguntit lewat media sosial. Foto: Jason Blackeye/Unsplash.com)

3. Buatlah seakan ada orang di rumah
Kebanyakan pencuri akan mengincar rumah yang sedang kosong. Buatlah pengatur waktu dimana lampu rumah menyala di malah hari, atau biarkan lampu menyala selama Anda pergi. 

4. Hindari mengabarkan Anda sedang pergi
Tak sedikit orang yang memberitahukan keberadaannya melalui media sosial, artinya mereka tahu Anda sedang berada di luar rumah. Cobalah untuk tidak mengekspos hal tersebut dengan menggunggah foto liburan setelah sampai di rumah. 

5. Cek ulang pintu dan jendela
Pastikan pintu dan jendela dikunci. Lakukan cek beberapa kali, terutama untuk jendela atau pintu yang jarang Anda lalui.

 



(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id