Wisata belanja dan kuliner menjadi salah satu penggerak perekonomian nasional. (Foto: Dok. Medcom.id/Muhammad Rojani)
Wisata belanja dan kuliner menjadi salah satu penggerak perekonomian nasional. (Foto: Dok. Medcom.id/Muhammad Rojani)

Tingkatkan Wisata Kuliner Lewat Ekosistem Digital

Rona kuliner Kemenparekraf
Medcom • 21 November 2019 18:19
Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI terus mendorong peningkatan jumlah wisatawan di Indonesia, salah satunya dengan mempermudah akses informasi wisata secara digital.
 
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Rizky Handayani Mustafa mengatakan, wisata belanja dan kuliner merupakan salah satu wisata yang memberikan kontribusi cukup besar terhadap perekonomian. Kedua wisata tersebut menjadi salah satu penggerak perekonomian nasional.
 
Rizky mengatakan salah satu upaya tersebut yaitu menjalin kerja sama dengan platform GoFood untuk mempermudah akses informasi wisatawan dalam menjajaki kuliner lokal di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Secara proaktif, kami mendorong promosi kuliner Indonesia di pasar potensial, misalkan dengan menghadirkan lima ikon kuliner versi Kemenparekraf, yaitu soto, satai, rendang, nasi goreng, dan tumpeng di fastival-festival kuliner mancanegara,” ungkap Rizky saat diwawancarai, Kamis, 21 November 2019 di Jakarta.
 
Group Chief Marketing Officer Gojek, Ainul Yaqin menjelaskan konsumen dan mitra merchant selalu menyambut baik inovasi yang dihadirkan oleh GoFood.
 
Yaqin menjelaskan kepercayaan mitra terhadap keunggulan ekosistem digital terlihat dari kontribusi nyata yang diberikan mitra UMKM kepada perekonomian Indonesia yang mencapai Rp19 triliun (USD1,33 milyar) pada tahun 2018.
 
“Kami yakin, angka ini berpotensi untuk meningkat seiring dengan kepercayaan konsumen pada kuliner mitra merchant kami, sehingga para pelaku kuiner UMKM semakin terpacu untuk terus mengembangkan bisnisnya”, terang Yaqin.
 
Riset lain yakni Nielsen Singapura berjudul “Understanding Indonesia's Online Food Delivery Market” mengungkapkan 84 persen masyarakat yang menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan-antar makanan menganggap GoFood menawarkan Iayanan pesan-antar makanan terbaik di Indonesia.
 
“UMKM kuiliner merupakan salah satu aset terkuat GoFood yang secara konsisten kami berdayakan, termasuk Iewat program-program andalan seperti program #PetualanganKuliner. Dengan memperkenalkan keunikan ragam kuliner Tanah Air, kami berharap bisa memberikan akses yang Iebih luas kepada mitra merchant untuk mempromosikan inovasi kuliner terbaiknya dan berkontribusi pada roda perekonomian di saat yang bersamaan,” tutup Yaqin.
 
Muhammad Rojani
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif