Pengunjung melihat maket karst yang tersimpan di lantai satu Museum Karst Wonogiri, Jawa Tengah. (Foto: Dok. Arthurio Oktavianus)
Pengunjung melihat maket karst yang tersimpan di lantai satu Museum Karst Wonogiri, Jawa Tengah. (Foto: Dok. Arthurio Oktavianus)

Traveling Pintar ke Museum Karst Wonogiri

Rona wisata Museum Karst Wonogiri Wonogiri
Arthurio Oktavianus Arthadiputra • 24 Mei 2020 07:00
Wonogiri: Sejarah, arkeologi dan geologi, sangat menarik untuk diulik. Apalagi bila mengenai daerah sendiri. Nah, bila Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang apa itu karst beserta sejarah dan arkeologi di Indonesia, meluncur saja ke Museum Karst Wonogiri.
 
Banyak informasi menambah wawasan bila Anda berkunjung ke Museum Karst Wonogiri, yang disampaikan dalam bentuk alat peraga, foto-foto, peta, replika dan sebagainya. Bahkan, bisa menjadi latar bagus swafoto untuk diunggah ke media sosial.
 
Museum Karst Wonogiri terletak di Desa Gebangharjo, Pracimantoro, Wonogiri, Jawa Tengah. Lokasi museum pun mudah ditemukan. Bisa dari arah Gunungkidul dengan menempuh 60 km perjalanan, dari Kota Wonogiri sekitar 40 km dan dari arah Pacitan sekitar 50 km.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bangunan museum seluas 300 meter persegi, berada di area kompleks museum yang mencapai 25 hektar. Berbentuk limas yang mengerucut ke atas bagai gunung, bangunan museum dikelilingi bukit-bukit kapur dan hutan jati.
 
Traveling Pintar ke Museum Karst Wonogiri
(Gambaran mengenai dunia karst dan informasi menambah wawasan Museum Karst Wonogiri di Desa Gebangharjo, Pracimantoro, Wonogiri, Jawa Tengah. Foto: Dok. Arthurio Oktavianus)

Tiga lantai pengetahuan

Anda yang berkunjung ke Museum Karst Wonogiri bisa menyusuri tiga lantai bangunan dengan fungsi dan tema informasi berbeda, yang tentu saja akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan penting bagi pengunjung.
 
Tema karst untuk kehidupan mengisi hall lantai satu museum. Area ini dipenuhi dengan panel, maket dan diorama tentang karst. Seperti panel flora dan fauna, konservasi dan pengelolaan, kondisi budaya masa lalu, air tanah dan diorama kehidupan manusia purba di gua karst.
 
Lantai dua dipenuhi informasi bertema karst untuk pengetahuan. Di sini, pengunjung akan memperoleh informasi mengenai sebaran dan bentuk-bentuk karst di dunia, tipe dan sebaran karst Indonesia, proses pembentukan batu gamping dan mineral pembentuk batu gamping. 
 
Khusus lantai tiga museum, berfungsi sebagai auditorium yang bisa digunakan untuk rapat, pemutaran film, presentasi atau tempat diskusi terutama bagi pengunjung berkelompok yang berasal dari sekolah.
 
Traveling Pintar ke Museum Karst Wonogiri
(Sebaran karst dunia ditunjukan oleh sinar biru pada wilayah setiap benua pada peta di Museum Karst Wonogiri, Jawa Tengah. Foto: Dok. Arthurio Oktavianus)

Kawasan Pegunungan Sewu

Museum Karst Wonogiri berada di kawasan pegunungan sewu, yang mulai dibuka untuk umum sejak 2010. Museum ini merupakan tindak lanjut atas penetapan Kawasan Gunung Sewu dan Kawasan Gombong Selatan sebagai kawasan eco-karst.
 
Terletak di wilayah perbukitan kapur, banyak gua-gua karst yang tersebar didekat museum. Terhitung, sebanyak tujuh gua berukuran besar dan kecil. Yakni, Gua Tembus, Sodong, Potro-Bunder, Sapen, Gilap, Mrica dan Sonya Ruri.
 
Sepertinya asyik bila Anda bisa melihat seperti apa karst asli di luar museum berupa gua-gua, setelah melihat informasi tentang apa itu karst di dalam museum. Sehingga, museum ini merupakan wahana pembelajaran baik indoor maupun outdoor. 
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif