Dalam memperingati HUT ke 13, Indonesian Chef Association (ICA) menggelar berbagai acara serentak di pelosok Indonesia. (Foto: Istimewa)
Dalam memperingati HUT ke 13, Indonesian Chef Association (ICA) menggelar berbagai acara serentak di pelosok Indonesia. (Foto: Istimewa)

25 Januari Diusulkan jadi Hari Chef Nasional

Rona resep masakan
K. Yudha Wirakusuma • 25 Januari 2020 17:33
Jakarta: Dalam memperingati HUT ke 13, Indonesian Chef Association (ICA) menggelar berbagai acara serentak di pelosok Indonesia. Bersama dengan itu, ICA juga  mengusulkan kepada pemerintah untuk menjadikan 25 Januari November sebagai Hari Chef Nasional.
 
Pada tanggal 25 Januari 2020, Indonesian Chef Association sudah memasuki usia yang ke 13. Ada sejarah dan alasan  yang mendasari ini kenapa tanggal tersebut dipilih oleh para chef di Indonesia sebagai hari jadi asosiasi yang kini telah memiliki anggota 4000 chef di seluruh Indonesia dan perwakilan di beberapa negara lainnya. 
 
Pencentusan tanggal ini menjadi hari jadi ICA adalah karena pada tanggal 25 Januari  di tahun 2007, adalah hari yang sangat penting bagi para chef Indonesia. Pada saat itu  ratusan chef dari berbagai yang berasal dari asosiasi yang berbeda-beda sepakat sinergi sekaligus melebur asosiasi yang ada menjadi  hanya satu asosiasi yaitu Indonesian Chef Association.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Presiden ICA, Henry Alexie Bloem, tujuan bersatunya para chef ini adalah untuk memperjuangkan harkat dan pengakuan atas profesi Chef indonesia sehingga sejajar dengan Chef dari luar negeri sekaligus bersama memperjuangkan pelestarian kuliner Indonesia. Dan para chef terus berkomitmen untuk membumikan kuliner Indonesia ke dunia Internasional.
 
"Komitmen untuk untuk mempersatukan para chef yang berasal dari daerah dan asosiasi yang berbeda ini sangat lah tidak mudah. Tapi kami berhasil mewujudkannya,” kata Bloem, Sabtu 25 Januari 2020. 
 
Hasilnya,  memasuki usia yang ke 13 tahun ini, kita merasakan bahwa chef-chef Indonesia sudah banyak dikenal oleh masyarakat, berbagai program kuliner di media massa baik di televisi, media online hingga youtube wajah-wajah para chef Indonesia selalu muncul.
 
Dari segi profesi, mereka sekarang sudah banyak yang mampu bersaing dan sejajar dengan chef ekspat baik di Indonesia sendiri maupun di luar negeri. Perayaan Hari Ulang tahun ICA yg ke 13 dan peringatan Hari Chef Nasional Indonesia ini dirayakan serentak oleh 22 BPD(Provinsi), 34 BPC ( Kota) dan seluruh ambasador di luar negeri.
 
Kegiatan yang diadakan yaitu Coaching Clinic ke mahasiswa dan pelajar, bakti sosial ke panti asuhan dan korban banjir serta lomba masakan Indonesia.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif