Menparekraf Wishnutama Kusubandio. (Foto: Adira Finance)
Menparekraf Wishnutama Kusubandio. (Foto: Adira Finance)

Wishnutama Ajak Pelaku Parekraf Persiapkan Diri di Kenormalan Baru

Rona Menparekraf Wishnutama Kusubandio New Normal
Sunnaholomi Halakrispen • 01 September 2020 17:36
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio memberikan imbauan kepada para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). Ia berharap agar para pelaku Parekraf mempersiapkan diri di tengah pandemi Covid-19 sembari menunggu ditemukannya vaksin.
 
"Kita semua tahu bahwa inshaallah vaksin itu akan ditemukan. Dan, pada saat telah terdistribusi dengan baik, akan ada perubahan lagi, yang harus kita pelajari apa kesempatannya, apa oportunity-nya," ujar Wishnutama.
 
"Sebagai pelaku usaha, berbagai macam sub sektor yang ada, termasuk ekonomi kreatif, harus mempersiapkan diri, peluang yang akan ada pada saat vaksin covid-19 sudah terdistribusi. Saya yakin ini peluang yang akan sangat banyak," tambahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menekankan bahwa di setiap krisis yang terjadi, akan selalu ada kesempatan. Pada kondisi saat ini, tentunya kesempatan terlihat pada saat vaksin covid-19 telah ditemukan nantinya.
 
Maka, sembari menunggu vaksin didistribusikan, Wishnutama mengajak bersama-sama mempersiapkan diri. Salah satunya, persiapan yang dilakukan oleh Adira Finance dalam menyelenggarakan program bertajuk Festival Kreatif Lokal 2020.
 
"Program ini saya harapkan tentunya bukan sekadar CSR yang sekadar gimmick. Tapi betul-betul dapat segera langsung mengangkat para pelaku kreatif dengan inovasi dan kreativitasnya, juga mampu meningkatkan taraf hidup serta memberdayakan para pelaku ekonomi kreatif, subsektor fashion, kuliner, kriya, fotografi, video, musik, dan sebagainya, melalui dalam pandemi covid-19 ini," jelasnya.
 
Wishnutama memaparkan, penandatanganan kerjasama tersebut menjadi sangat spesial, karena tidak hanya menandai secara resmi kemitraan Kemeparekraf dan Adira Finance dalam mengembangkan dan memajukan parekraf Indonesia ke depan. Namun, juga menjadi gong dimulainya rangkaian festival kreatif lokal 2020.
 
"Kita harapkan sinergi ini dapat membantu para pelaku parekraf agar bangkit dan dapat memajukan perekonomian Indonesia kembali dan memajukan negeri kita yang kita cintai," paparnya.
 
Sebagai pendukung kegiatan Festival Kreatif Lokal 2020, Adira Finance juga mengadakan Festival Pasar Rakyat. Tujuannya, untuk menjaga eksistensi pasar rakyat dengan cara melakukan pengembangan UKM yang ada di dalam pasar melalui digitalisasi, dengan bentuk kegiatan pelatihan virtual lewat topik-topik seperti literasi keuangan, pemasaran, dan usaha online.
 
Selain mendukung pengembangan usaha untuk UKM di Festival Pasar Rakyat, Adira Finance berkolaborasi dengan organisasi sosial Gerakan Pakai Masker. Mereka melaksanakan pemberian masker gratis serta penyuluhan penerapan hidup sehat dan bersih. Kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan para pedagang serta ekosistem di pasar rakyat pada masa pandemi ini.
 
"Kami berharap rangkaian kegiatan di Festival Kreatif Lokal menjadi kegiatan berkelanjutan yang dapat membangkitkan ekosistem ekonomi kreatif dan bersama meningkatkan ekonomi Indonesia. Sehingga ke depan, kami bisa menunjukkan semangat bersama agar Indonesia bisa terus maju. Tidak hanya berhasil bangkit dan tumbuh, tapi juga bagaimana kita dapat berkembang ke kancah internasional," pungkas Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif