Di Noirmoutier, Prancis ada kentang yang hanya tumbuh 10 hari saja dalam satu tahun. Tak berlebihan jika kentang dari Prancis ini jadi kentang termahal di dunia. (Foto: Dok. Great Big Story)
Di Noirmoutier, Prancis ada kentang yang hanya tumbuh 10 hari saja dalam satu tahun. Tak berlebihan jika kentang dari Prancis ini jadi kentang termahal di dunia. (Foto: Dok. Great Big Story)

Ini Kentang Termahal di Dunia

Rona kuliner prancis kentang termahal di dunia Bonnotte de Noirmoutier kentang
Kumara Anggita • 17 Mei 2020 14:31
Jakarta: Seperti yang kita ketahui, kentang adalah makanan yang umum, cukup mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau. Namun tahukah Anda di Prancis ada kentang yang harganya mahal sekali? Sampai dinobatkan sebagai kentang termahal di dunia. 
 
Apa yang membuat kentang ini harganya bisa berbeda dengan kentang-kentang lainnya? Dinukil dari Great Big Story, tampak seperti kentang pada umumnya, berwarna kuning kecoklatan, ukurannya pun tidak terlalu besar.
 
The King of Potatoes namanya. Kentang ini berasal dari Noirmoutier, Prancis, sebuah pulau kecil di Pantai Atlantis. Kalau mau makan lagi segar-segarnya, Anda harus memakannya cepat, karena hanya ada 10 hari per tahun. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rudy Bugeon, penanam kentang di sini menjelaskan bahwa kentang ini menjadi spesial karena menanamnya tidak mudah. 
 
Kentang-kentang tersebut harus diberikan minyak pasir dab rumput laut. Setelah sudah bisa dipanen, kentang-kentang ini diproses lagi untuk dibersihkan, dibungkus, dan di kirim ke seluruh Eropa.
 
Bonnottes of Noirmoutier selaku Direktur Kooperatif pun menjelaskan proses spesial lainnya yang harus dilalui kentang ini. “Kita tidak bilang ini kentang, kita awalnya bilang ini Bonnottes of Noirmoutier,” ujar Nicolas Paille, Direktur Kooperatif.
 
Ini Kentang Termahal di Dunia
(Para petani di Noirmoutier tampak senang dan dengan sepenuh hati menanam atau memanennya. Foto: Dok. Great Big Story)
 
“Kentang ini rapuh dan tidak bisa menggunakan mesin. Oleh karena itu, Anda harus memanennya dengan tangan,” jelasnya. Tak hanya itu, Bonnottes ini juga hanya bisa dipanen sekitar dua minggu.

Berapa harganya?

Pada tahun 1996, Harga kentang ini begitu mahal, sampai disebut termahal di dunia. Untuk mendapatkan setengah kilogram kentang, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp7,5 juta rupiah. 
 
Namun, untungnya sekarang tak demikian, hanya Rp75 ribu rupah per setengah kilogram (tetap lebih mahal dari kentang-kentang pada umumnya). “Ini kentang termahal di dunia dan Anda mendukungnya,” ungkap Paille. 
 
“ini adalah pekerjaan artisinal di mana para produser bangga melakukannya dan itulah yang membuat kentang-kentang ini berharga,” lanjutnya. 

Rasa kentang 

Kentang ini juga memiliki rasa yang berbeda dibanding kentang lainnya. Kentang ini rasanya kuat. Ada rasa kastanye di dalamnya. Dalam sebuah festival yang biasa dirayakan di Prancis, kentang ini biasanya disajikan dengan ikan sarden. Apakah Anda jadi tertarik untuk mencicipinya?
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif