Tips Bikin Teh agar Lebih Nikmat Diminum

Gervin Nathaniel Purba 14 November 2018 09:04 WIB
kalbe nutritionals
Tips Bikin Teh agar Lebih Nikmat Diminum
Menyeruput secangkir teh mampu menghangatkan suasana dan membangun mood (Foto:Shutterstock)
Jakarta: Selain kopi, mayoritas orang Indonesia gemar minum teh. Menyeruput secangkir teh mampu menghangatkan suasana dan membangun mood.

Teh juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Kandungan antioksidan dalam teh bisa mencegah risiko kanker. Teh membantu melarutkan lemak, memperlancar pencernaan, dan peredaran darah.

Agar secangkir teh terasa lebih nikmat dan bermanfaat bagi kesehatan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.


1. Pilih Jenis Teh

Secangkir teh hitam sangat cocok bagi Anda yang sedang lelah karena memberikan dorongan energi. Teh peppermint membantu memperlancar pencernaan, dan teh chamomile membuat tidur lebih nyenyak.

2. Cangkir Favorit

Cangkir untuk menyajikan teh berkontribusi meningkatkan suasana hati. Menggunakan cangkir favorit akan membuat momen menikmati teh terasa lebih sempurna.

3. Temperatur Air

Untuk menghasilkan teh terbaik, teh sebaiknya direbus. Kemudian, diamkan selama dua menit agar suhu air turun. Membiarkannya selama beberapa menit masih akan menghasilkan teh panas dan hasilnya akan lebih baik. Air yang baru mendidih tidak boleh langsung bertemu dengan kantong teh, karena air bisa membakar teh dan menghilangkan khasiatnya.

Setelah diseduh, biarkan teh mendingin hingga mencapai suhu sekitar 60 derajat celcius sebelum diminum. Hal ini untuk menghindari sensasi lidah terbakar saat minum teh.

4. Takaran Tepat

Hampir semua orang menyeduh bersama kantong teh. Namun ada juga yang senang menyeduhnya langsung dengan daun teh. Idealnya, satu sendok daun teh untuk dikonsumsi satu orang. Jika diseduh dalam sebuah teko, maka sesuaikan dengan jumlah orang yang akan minum teh.

5. Susu Dahulu, Teh Kemudian

Beberapa orang gemar mengonsumsi teh susu. Namun yang menjadi pertanyaan, manakah yang harus dituangkan terlebih dahulu? Aturan yang benar adalah susu dahulu. Teh yang dituangkan ke dalam susu, akan membuat temperatur susu mengikuti suhu teh. Jika dilakukan sebaliknya, teh akan lebih cepat dingin.

6. Pemilihan Gula

Teh enak diminum dalam keadaan tawar atau dengan gula. Jika Anda gemar minum teh manis, perhatikan kadar manisnya.  Sebaiknya hindari terlalu sering minum teh manis dengan kadar gula tinggi karena berpotensi meningkatkan risiko diabetes.

Untuk mencegah diabetes sejak dini, ubah pilihan gula Anda dengan gula pengganti rendah kalori Nulife Sweetener. Produk dari Kalbe Nutritionals ini juga rendah karbo, sehingga baik untuk mendukung diet sehat bebas gula.

Dengan menggunakan Nulife Sweetener, Anda tak perlu khawatir berat badan akan melonjak karena ia merupakan sukralosa (pemanis buatan nol kalori). Kelebihan lainnya dari Nulife Sweetener ialah harganya lebih ekonomis, tidak berubah rasa jika dipanaskan, cocok untuk minuman panas dan dingin, serta dapat digunakan untuk memasak. Rasa manisnya pun tidak berubah pada suhu tinggi.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id