Pekerja kantoran harus sering bergerak, jangan duduk terlalu lama. (Foto: Shutterstock)
Pekerja kantoran harus sering bergerak, jangan duduk terlalu lama. (Foto: Shutterstock)

Lima Tips Menjaga Kesehatan untuk Pekerja Kantoran

Rona kalbe nutritionals
Gervin Nathaniel Purba • 18 Januari 2019 07:00
Jakarta: Pekerja kantoran cenderung mengalami peningkatan berat badan. Sepanjang hari lebih banyak duduk dan  kurang bergerak membuat berat badan perlahan naik.
 
Terlalu lama duduk juga bisa meningkatkan risiko diabetes, khususnya perempuan. Selain itu dapat menimbulkan sakit punggung, gangguan fungsi metabolik, dan nyeri leher. 
 
Berikut ini, lima tips pekerja kantoran untuk menjaga supaya tetap sehat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Tetap Bergerak
 
Selain pindah antar ruangan dan ke tempat makan, lakukan apa pun untuk memastikan Anda tetap bergerak. 
 
2. Hindari Makan di Meja
 
American College of Sports Medicine Certified personal trainer dan Ahli Nutrisi Benjamin Suyematsu menyarankan lebih baik makan ke kantin atau ke tempat makan lainnya untuk menghindari duduk seharian di meja.
 
3. Minum Air Putih 
 
Menurut National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine, rata-rata orang dewasa harus minum dua liter, atau delapan cangkir air putih per hari. Minum air putih menjadi pilihan tepat ketimbang mengemil sambil bekerja.
 
4. Buat Catatan Pengingat Supaya Bergerak
 
Catatan pengingat ini bisa dibuat di telepon selular Anda untuk mengingkatkan Anda bergerak. Workout Anytime VP of Fitness Greg Maurer berkata bahwa orang kantoran perlu bergerak setiap 50 menit. 
 
5. Batasi Gula, Alkohol, dan Makanan Tinggi Lemak
 
Ketiga hal tersebut harus dihindari, terutama untuk menurunkan berat badan. Hindari juga minuman manis dan minuman berenergi. Konsumsi gula, alkohol, dan tinggi lemak sembari duduk seharian membuat berat badan meningkat drastis. 
 
Terkait asupan gula, sebaiknya konsumsi asupan gula rendah kalori, seperti Nulife Sweetener. Produk dari Kalbe Nutritionals ini juga rendah karbo, sehingga baik untuk mendukung diet sehat bebas gula.
 
Nulife Sweetener harganya lebih ekonomis, tidak berubah rasa jika dipanaskan, cocok untuk minuman panas dan dingin, serta dapat digunakan untuk memasak. Rasa manisnya pun tidak berubah pada suhu tinggi.
 
Dengan menggunakan Nulife Sweetener, Anda tak perlu khawatir berat badan akan melonjak karena ia merupakan sukralosa (pemanis buatan nol kalori).

 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif