Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Tips Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Rona pesawat
Raka Lestari • 12 Oktober 2019 08:04
Jakarta: Ada banyak orang yang mengalami ketakutan saat harus bepergian dengan menggunakan pesawat terbang. Hal tersebut tentunya akan membuat Anda tidak nyaman, terutama ketika harus berada dalam pesawat untuk perjalanan yang cukup panjang. 
 
Bagi beberapa orang yang memiliki fobia terhadap ketinggian atau claustrophobia, bepergian dengan menggunakan pesawat mungkin bisa menjadi masalah yang cukup besar.
 
Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa takut ketika bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, seperti dilansir independent.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Mengetahui cara kerja pesawat terbang
 
Salah satu alasan utama orang takut terbang adalah karena kurangnya pengetahuan tentang bagaimana cara kerja pesawat terbang ketika sedang beroperasi. Tetapi seperti halnya kapal selam bawah laut atau mobil di jalan, pesawat dirancang untuk berada di udara. Pilot British Airways, Captain Steve Allright menjelaskan daya angkat dihasilkan oleh sayap yang bergerak di udara, yang merupakan bagian normal dari fisika. "Sebuah pesawat terbang dengan ketinggian 30.000 kaki dapat meluncur sejauh 100 mil," ucapnya.
 
2. Percayakan pada pilot
 
Mungkin sulit memahami bagaimana seseorang menikmati penerbangan ketika mereka merasa takut. Namun pilot benar-benar akan melakukan pekerjaan mereka dengan baik dan tentunya telah melalui proses seleksi yang ketat dan program pelatihan dua tahun untuk bisa melakukan itu semua. “Pilot adalah profesi yang memiliki regulasi paling ketat di dunia. Pilot diuji ulang dan dilatih ulang setiap enam bulan selama karir mereka sebagai pilot,” ujar Captain Allright.
 
3. Mengetahui turbulensi
 
Turbulensi mungkin membuat Anda tidak nyaman, tetapi itu tidak selalu berbahaya. Captain Allright menjelaskan, turbulensi disebabkan oleh faktor alam dan itu sangat aman karena pesawat terbang sudah dirancang untuk menahan turbulensi, bahkan turbulensi yang paling parah sekalipun. "Jika sabuk pengaman Anda aktif, Anda akan selalu aman,” imbuhnya.
 
4. Kontrol pemikiran negatif
 
Sangat mudah untuk memikirkan hal-hal negatif ketika Anda takut menggunakan pesawat terbang, Anda akan selalu berpikir mengenai scenario terburuk dalam penerbangan Anda tersebut. Namun apapun pikiran negatif Anda, usahakan untuk membayangkan hal-hal yang menyanangkan. Mentalitas positif ini akan membantu mengurangi kecemasan dan membuat Anda tetap tenang selama penerbangan.
 
5. Melakukan kegiatan yang dapat mendistraksi
 
Teknik lain yang bisa dilakukan adalah dengan mendistraksi otak Anda dari rasa takut itu sendiri. Mengenakan gelang karet di pergelangan tangan Anda dan memutarnya saat ketakutan, membuat Anda kembali ke kenyataan dan dapat berfungsi sebagai pengingat untuk berhenti berpikir berlebihan.
 


 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif