Berikut ini adalah beberapa manfaat daun peterseli bagi kesehatan. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini adalah beberapa manfaat daun peterseli bagi kesehatan. (Foto: Pexels.com)

5 Manfaat Peterseli

Rona kesehatan
Raka Lestari • 02 Juli 2019 08:18
Mengonsumsi peterseli memberikan bermanfaat bagi kesehatan Anda. Peterseli kaya akan vitamin C untuk pembentukan kolagen yang memberi struktur dan kekuatan pada kulit. Amanda Capriglione RD, CDN mengatakan kolagen membantu menghilangkan garis-garis halus dan kerutan. Anda bisa membuat salad yang kaya akan vitamin C dengan beberapa sayuran termasuk peterseli, jeruk, dan akhiri dengan saus lemon.
 
 
Jakarta:
Parsley atau peterseli biasanya digunakan untuk mempercantik atau menghias makanan. Tidak banyak orang yang memerhatikan manfaat daun peterseli bagi kesehatan. Namun ternyata daun peterseli ini tidak hanya berfungsi untuk mempercantik atau memperindah masakan dan makanan Anda saja. 
 
Dilansir dari Carina Wolff dalam "10 Powerful Health Benefits of Parsley You Never Knew About" di laman Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa manfaat daun peterseli bagi kesehatan:

1. Mencegah kanker payudara

Menambahkan daun peterseli di makanan Anda merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya kanker payudara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Peterseli mengandung senyawa kimia yang disebut apigenin yang dikenal untuk membantu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara," jelas Amanda Capriglione RD, CDN. Tambahkan segenggam peterseli daun datar ke salad, smoothie, dan sup untuk mendapatkan manfaat maksimal. 
 
5 Manfaat Peterseli
(Daun peterseli bisa Anda masukkan ke dalam makanan untuk mendapatkan berbagai manfaatnya. Foto: Pexels.com)

2. Melawan inflamasi

Daun peterseli dapat bermanfaat untuk melawan inflamasi karena kaya akan antioksidan seperti vitamin C,A, dan E. "Peterseli dapat membantu mengurangi risiko arthritis, suatu peradangan yang terjadi pada persendian," ujar Brunilda Nazario, MD. 
 
"Daun peterseli juga merupakan sumber flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis, termasuk kanker, aterosklerosis, Alzheimer, dan penyakit Parkinson." 

3. Memperkuat tulang

"10 tangkai peterseli sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda terhadap vitamin K," kata Capriglione. Mendapatkan jumlah vitamin K yang cukup dalam diet Anda dapat membantu melindungi Anda dari patah tulang karena membantu vitamin K membuat protein untuk tulang dan pembekuan darah.

4. Mengurangi garis halus dan keriput

Mengonsumsi peterseli juga bermanfaat bagi kulit Anda. Peterseli kaya akan vitamin C untuk pembentukan kolagen yang memberi struktur dan kekuatan pada kulit. "Kolagen membantu menghilangkan garis-garis halus dan kerutan," kata Capriglione. "Buatlah salad yang kaya akan vitamin C dengan beberapa sayuran termasuk peterseli, jeruk, dan akhiri dengan saus lemon." 

5. Membantu sistem pencernaan

Daun peterseli juga dapat membantu dalam menenangkan perut Anda. "Peterseli dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi kembung pada perut Anda," kata Capriglione. 
 
"Peterseli mengandung senyawa yang dapat menghilangkan gas berlebih pada tubuh Anda." Untuk itu, Anda bisa menambahkan beberapa daun peterseli sebelum Anda makan malam atau makan dalam jumlah banyak.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif