Mengatur posisi tidur memang sedikit sulit. Apalagi orang tak menyadari apa yang dilakukan saat tidur. (Foto Ilustrasi: Vladislav Muslakov/Unsplash.com)
Mengatur posisi tidur memang sedikit sulit. Apalagi orang tak menyadari apa yang dilakukan saat tidur. (Foto Ilustrasi: Vladislav Muslakov/Unsplash.com)

Posisi Tidur Memengaruhi Kebersihan Wajah

Rona tidur
Dhaifurrakhman Abas • 24 Maret 2019 19:15
Jakarta: Rasanya produk perawatan wajah sudah rutin digunakan. Namun tetap saja, jerawat tak kunjung minggat.
 
Kalau sudah begini keadaannya, coba perhatikan bagaimana cara Anda tidur. Mungkin itu yang jadi penyebab jerawat tak kunjung hilang dari wajah.
 
Menurut Dr. Kiran Lohia, Dermatologis dari India, posisi tidur menentukan kesehatan kulit wajah. Sehingga jika sembarangan mengatur posisi tidur, bisa menyebabkan kulit wajah menjadi berjerawat dan keriput.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Cara kita tidur benar-benar mencerminkan penampilan dan posisi kita dapat memengaruhi kulit," kata Lohia, dikutip Times of India.
 
Lohia bilang, tanda-tanda kerusakan kulit akibat salah posisi tidur bisa berupa mata bengkak dan jerawat pipi hanya di satu sisi wajah. Hal ini disebabkan wajah tertekan pada bantal ataupun alas kasur karena posisi tidur miring ke salah satu sisi saja.

Baca juga: Menilai Perangai dari Cara Tidur Seseorang

Menurut Lohia, tidur telentang selalu merupakan cara yang baik untuk tidur. Dia juga menyarankan tidur mengunakan bantal untuk mempertahankan sudut kepala 20 sampai 30 derajat lebih tinggi dari kaki, memungkinkan drainase cairan tubuh yang lebih baik.
 
"Tidur telentang adalah posisi idea. Pertama, Anda tidak memberi banyak tekanan pada kulit wajah Anda. Sehingha lebih sedikit kontur wajah dan akan membuat kulit Anda lebih muda dan halus," katanya.
 
Sementara itu, dia bilang jangan memilih tidur miring atau tengkurap. Ini akan mendorong wajah menempel ke sarung bantal yang sangat mungkin dihinggapi bakteri penyenab jerawat," ujarnya.
 
Selain itu, kata dia, tidur dengan posisi tengkurap juga menimbulkan masalah aliran pernapasan. Hal ini membuat terhalangnya folikel kulit yang menyebabkan pori-pori tersumbat.
 
"Sehingga kulit wajah sering timbul jerawat dan garis-garis," ungkap dia.
 
Meski begitu, dia bilang, mengatur posisi tidur memang sedikit sulit. Apalagi orang tak menyadari apa yang dilakukan saat tidur. Sehingga solusi terbaik adalah dengan membersihkan sarung bantal dan alas kasur secara rutin.
 
"Agar terhindar dari bakteri yang menyebabkan jerawat atau bahkan ruam wajah," ujar dia.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif