Cuci tangan dan mandi untuk pekerja lapangan ketika tiba di rumah saat pandemi virus korona covid-19. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Cuci tangan dan mandi untuk pekerja lapangan ketika tiba di rumah saat pandemi virus korona covid-19. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Tips Kesehatan untuk Pekerja Non-Work from Home

Rona Virus Korona tips kesehatan virus corona covid-19
Sunnaholomi Halakrispen • 22 Maret 2020 11:11
Jakarta: Imbauan social distancing telah diumumkan kepada masyarakat untuk menekan jumlah penyebaran penyakit covid-19 (new coronavirus).
 
Namun, sejumlah profesi tidak mungkin untuk bekerja dari rumah atau work from home. Dokter, perawat, messenger dari aplikasi, operator mesin, penjaga pintu tol, dan masih banyak yang lainnya.
 
Bekerja di tengah wabah pandemi bukan hal yang mudah. Terlebih bagi mereka yang pekerjaannya harus bertemu banyak orang. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lantaran demikian, bagi mereka yang harus bepergian jauh dengan terpaksa, dianjurkan memerhatikan kesehatan. Salah satunya, menjaga kondisi tubuh masing-masing.
 
"Selalu menjaga kebersihan tangan saat menyentuh barang di sekitar kita," ujar Ketua POKJA PINERE (penyakit infeksi, new emerging, & reemerging) Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso dr. Pompini Agustina, dalam Workshop Kesiapan Nakes dan Faskes serta Dukungan Psikososial Dalam Penanggulangan Covid-19.
 
Hal lain yang juga tidak boleh terlupakan ialah jangan menyentuh bagian mata, hidung, dan telinga. Sebab, ketiga bagian tubuh tersebut sangat sensitif apabila disentuh dengan tangan yang tidak bersih.
 
"Jadi untuk teman-teman yang masih tetap masuk, usahakan cuci tangan dulu, ketika ada di transportasi publik jangan pernah lupa cuci tangan lagi," jelasnya.
 
Ia memaparkan bahwa transisi virus juga bisa melalui mulut. Selain itu, ada etika yang harus diterapkan ketika baru dari rumah sakit, yakni wajib membersihkan diri dengan mandi.
 
"Jadi saat bertemu keluarga bisa lebih aman. Lalu etika batuk dan bersin selau menutupnya dengan baik," jelasnya.
 
Apabila satu orang terinfeksi virus, satu orang bisa berisiko menularkan ke banyak orang. Maka demikian, sangat penting untuk membersihkan seluruh tubuh, terutama bagian tangan, ketika tiba di rumah sepulang dari kerja atau bepergian jauh.
 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif