NEWSTICKER
Salmon diyakini sebagai makanan super yang baik untuk kesehatan jantung. (Ilustrasi/Pexels)
Salmon diyakini sebagai makanan super yang baik untuk kesehatan jantung. (Ilustrasi/Pexels)

Makanan yang Menyehatkan Jantung

Rona penyakit jantung
Sunnaholomi Halakrispen • 22 Januari 2020 10:16
Jakarta: Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Maka demikian, kesehatan jantung perlu diperhatikan, mulai dari menjaga makanan yang Anda konsumsi.
 
Sebab, tak semua makanan bisa menyehatkan jantung. Salah satu makanan yang menyehatkan ialah rempah-rempah segar dibandingkan bumbu siap saji. Berikut daftar makanan lainnya, seperti dimuat WebMD:
 
1. Kacang hitam

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kacang hitam yang ringan dan lembut dikemas dengan nutrisi yang menyehatkan jantung. Folat, antioksidan, dan magnesium, dapat membantu menurunkan tekanan darah. Seratnya membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah. Tambahkan kacang hitam di dalam sup, akan terasa nikmat.
 
2. Salmon
 
Salmon diyakini sebagai makanan super yang baik untuk kesehatan jantung. Kaya akan omega-3 yang merupakan lemak sehat dan dapat mengurangi risiko gangguan irama jantung dan menurunkan tekanan darah. 
 
Kandungan di dalam salmon juga dapat menurunkan trigliserida dan mengurangi peradangan. The American Heart Association merekomendasikan dua porsi salmon atau ikan berminyak lainnya seminggu.
 
Tips memasak yang tepat, panggang salmon dalam foil yang dibaluri dengan bumbu dan sayuran. Aduk salmon ekstra matang dalam taco ikan dan salad.
 
3. Tuna
 
Selain harganya yang seringkali lebih murah daripada salmon, tuna juga memiliki omega-3. Sementata itu, albacore atau tuna putih memiliki lebih banyak omega-3 daripada varietas tuna lainnya.
 
Cobalah memanggang steak tuna dengan dill dan lemon. Gulung bahan dengan sumber omega-3 lainnya, seperti makarel, sarden, dan ikan teri. Pilihlah tuna yang dikemas dalam air, bukan minyak, agar tetap sehat jantung.
 
4. Minyak zaitun
 
Minyak ini adalah lemak sehat yang terbuat dari olahan zaitun. Kaya akan antioksidan yang menyehatkan jantung. Kandungan tersebut dapat melindungi pembuluh darah Anda.
 
Ketika minyak zaitun menggantikan lemak jenuh (seperti mentega), minyak zaitun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Cobalah dengan salad dan sayuran yang dimasak atau dengan roti. Untuk rasa terbaik, cari yang diperas dingin dan gunakan dalam enam bulan kemudian.
 
5. Kacang almond
 
Sepotong almond cocok untuk sayuran, ikan, ayam, dan makanan penutup. Kacang ino memiliki sterol, serat, dan lemak, yang menyehatkan jantung. Almond dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Ambil segenggam kecil untuk sehari.
 
6. Tahu
 
Makanlah tahu dan Anda akan mendapatkan bentuk protein kedelai vegetarian yang hebat dengan mineral, serat, dan lemak tak jenuh ganda yang menyehatkan jantung. Kandungan dalam tahu ini bisa menyerap rasa rempah-rempah atau saus yang Anda gunakan untuk memasaknya.
 
Tips cara mengolahnya, potong tahu, kukus, lalu bakar atau tumis dengan sedikit minyak. Tambahkan tahu ke dalam sup untuk protein dengan sedikit lemak tambahan.
 
7. Ubi jalar
 
Tukar kentang putih dengan kentang manis atau ubi jalar. Dengan kandungan glikemik rendah, kentang ini tidak akan menyebabkan lonjakan cepat dalam gula darah. Bahan makanan ini juga memiliki serat, vitamin A, dan likopen.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif