Tips Memberi Makan Daging untuk Balita (Foto: istock)
Tips Memberi Makan Daging untuk Balita (Foto: istock)

Tips Memberi Makan Daging untuk Balita

Rona tips kesehatan perkembangan anak
Torie Natalova • 10 Februari 2019 09:00
Jakarta: Ketika mulai masuk pada masa MPASI atau makanan pendamping ASI, ahli gizi menyarankan agar balita diberikan makan satu atau dua ons daging, ayam atau ikan setiap hari. Daging merupakan makanan penting untuk balita karena sumber protein tinggi, zat besi, seng, selenium, vitamin dan lemak sehat yang membantu otak mereka berkembang.
 
Namun, serat pada daging seringkali membuat balita kesulitan untuk mengunyah sehingga orang tua kesulitan mengolahnya menjadi makanan. Ahli gizi Nancy Z. Farrell mengatakan, orang tua dapat memberikan daging lembut, lembap yang dimasak dengan baik, tidak kurang matang atau mentah dan daging yang dipotong sekitar tidak lebih dari 1/4 inci.
 
Pilih daging yang kurus dan lunak. Perhatikan juga lemak dalam daging karena lemak yang sehat adalah elemen kunci untuk perkembangan anak. Anda bisa tambahkan sedikit kaldu atau biarkan air daging keluar saat dimasak. Jangan masak daging terlalu lama karena akan membuatnya kering dan sulit untuk dikunyah balita.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Orang tua dapat menambahkan daging pada roti lapis atau diberikan tambahan keju. Namun, sebaiknya orang tua menghindari memberikan balita daging kemasan seperti karena mengandung kadar nitrat yang tinggi juga bentuknya yang bisa berisiko tersedak.
 
Selain daging, ikan juga sangat baik untuk dikonsumsi balita dengan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Ikan liar segar seperti salmon, trout, udang, scallop mengandung kadar merkuri yang rendah.
 

 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi