Teh lavender memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak hanya membantu mengatasi hot flashes tapi juga membantu menjaga gaya hidup sehat. (Foto: Pixabay.com)
Teh lavender memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak hanya membantu mengatasi hot flashes tapi juga membantu menjaga gaya hidup sehat. (Foto: Pixabay.com)

Empat Ramuan Alami untuk Hilangkan Hot flashes di Masa Menopause

Rona menopause
Anindya Legia Putri • 19 Desember 2017 11:24
Jakarta: Hot flashes dialami oleh wanita saat memasuki masa menopause. Gejalanya berupa rasa panas di dalam tubuh, diikuti dengan keluarnya keringat, serta jantung yang berdebar-debar. Kondisi ini kadang kala terjadi karena kondisi medis lainnya juga. 
 
Meskipun terdapat banyak terapi hormon dan obat, berikut adalah beberapa solusi yang mudah dan juga dapat membantu menyingkirkan hot flashes secara alami. Berikut ini adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan hot flashes.
 
(Baca juga: Akupunktur Bantu Hilangkan Gejala Hot Flashes Saat Menopause)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Lingkungan yang sejuk membuat tidur tenang
Studi telah menunjukkan bahwa tidur di lingkungan yang sejuk membantu meminimalkan efek hot flashes. Tidur dengan seprei katun juga merupakan cara yang benar-benar efektif untuk mengatasi hot flashes.
 
Empat Ramuan Alami untuk Hilangkan Hot flashes di Masa Menopause
(Teh lavender memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak hanya membantu mengatasi hot flashes tapi juga membantu menjaga gaya hidup sehat. Foto: Pixabay.com)

 
2. Kedelai bantu singkirkan hot flashes
Kedelai terbukti efektif untuk menyingkirkan hot flashes. Isoflavon yang ditemukan di kedelai dan kacang lainnya seperti kacang polong membantu menghasilkan senyawa kimia yang serupa dengan estrogen yang secara alami disekresikan oleh tubuh. Senyawa ini membantu meringankan efek hot flashes.
 
3. Cuka Apel
Mengonsumsi cuka apel telah terbukti menjadi cara efektif untuk menyingkirkan hot flashes. Campurkan satu sendok cuka sari apel yang diencerkan dengan setengah sendok dalam susu. Campuran ini harus dikonsumsi setengah jam sebelum makan untuk mendapatkan hasil yang efektif.
 
4. Teh Lavender
Teh lavender memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak hanya membantu mengatasi hot flashes tapi juga membantu menjaga gaya hidup sehat. Meminum secangkir teh lavender sebelum tidur bisa mengurangi kemungkinan hot flashes. Teh ini juga membantu dalam mengobati kecemasan, kejang otot, sakit kepala, dan lain-lain yang merupakan gejala umum menopause yang disebabkan karena perubahan tingkat hormon.
 

 

 


 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif