Pada sebagian wanita, kehamilan ditandai gejala-gejala seperti kelelahan, gula darah rendah, dan perubahan suasana hati akibat hormonal. (Ilustrasi/Pexels)
Pada sebagian wanita, kehamilan ditandai gejala-gejala seperti kelelahan, gula darah rendah, dan perubahan suasana hati akibat hormonal. (Ilustrasi/Pexels)

Tips Aman Mengobati Sakit Kepala Selama Kehamilan

Rona sakit kepala
Anda Nurlaila • 14 Januari 2020 15:05
Jakarta: Kebanyakan orang akan langsung minum obat penghilang nyeri yang dijual bebas saat sakit kepala. Namun, jika sedang hamil, jenis obat yang dapat Anda konsumsi sangat terbatas.
 
Pada sebagian wanita, kehamilan ditandai gejala-gejala seperti kelelahan, gula darah rendah, dan perubahan suasana hati akibat hormonal. Hal ini dapat memicu sakit kepala.
 
Penyebab lainnya bisa akibat ketegangan di sekitar kepala dan leher, mata lelah, dan sakit kepala sinus serta migrain. Faktor emosional seperti stres juga dapat menyebabkan sakit kepala.
 
Penyebab Sakit Kepala saat Hamil

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti dilansir dari Parents, wanita sering mengalami sakit kepala karena tegang selama trimester pertama. "Kemungkinan besar karena fluktuasi hormon," kata Direktur Swedish Headache Center Seattle, Sheena Aurora.
 
Menjelang trimester kedua, katanya, rasa sakitnya mereda karena hormon-hormonnya terus meningkat dan stabil.
 
Ada banyak alasan lain mengapa kepala berdenyut nyeri. "Tanyakan pada diri sendiri, 'Apakah sakit kepala saya dirangsang oleh sesuatu dalam makanan saya?'" kata seorang ob-gyn di Atlanta Lillian Schapiro. Penggunaan obat dan waktu serangan dapat memengaruhi rasa nyeri yang Anda rasakan.
 
Pada trimester ketiga, saat tubuh semakin berat, postur buruk mungkin penyebab sakit kepala. Ketegangan pada leher dan bahu Anda dapat menyebabkan kejang otot, yang dapat mengiritasi saraf di bagian belakang kepala pemicu nyeri. Pengencangan otot dan kejang karena tidur dengan kepala dalam posisi yang tidak wajar juga menyebabkan sakit kepala.
 
Lacak Pemicunya
 
Bila merasa kepala sakit, coba perhatikan asupan air minum. Tanda-tanda dehidrasi termasuk urin berwarna kuning gelap dan pusing.
 
"Rahim menggunakan banyak darah yang diperlukan bayi, Jika kekurangan cairan, banyak bagian tubuh yang mengalami ketegangan. Pada sebagian wanita bisa menyebabkan sakit kepala," Schapiro menjelaskan.
 
Solusi sakit kepala mungkin bukan sekedar air minum. Asupan makanan kecil untuk mempertahankan kadar gula darah, tidur siang untuk mencegah kelelahan atau mempertahankan postur tubuh yang baik dapat menghindari ketegangan otot. Jika sakit kepala terjadi akibat mengurangi kopi, efeknya hanya berlangsung 2-3 hari.
 
Adapun sakit kepala lain seperti infeksi sinus dapat diredakan dengan kompres hangat di sekitar mata dan hidung. "Kompres hangat dapat melunakkan lendir di sekitar area ini dan mengeluarkannya," kata Schapiro.
 
Hubungi dokter jika rasa sakit disertai dengan demam, karena Anda mungkin memerlukan antibiotik. Metode alami mengobati sakit kepala akibat ketegangan leher adalah kompres dingin atau es di dasar leher. Cara ini bermanfaat menyempitkan pembuluh darah.
 
Obat Sakit Kepala Aman selama Hamil
 
Jika Anda memerlukan obat pereda nyeri, beberapa obat yang disarankan dokter seperti ibuprofen (Advil), naproxen (Aleve), dan aspirin. Mereka juga mencegah penggunaan obat sakit kepala (dan migrain) umum lainnya yang mengandung triptan (seperti Imitrex, Amerge, dan Relpax).
 
Sebagian besar penyedia layanan kesehatan meresepkan acetaminophen (Tylenol) dengan nyaman dalam pedoman dosis. Aurora menyarankan untuk minum tidak lebih dari dua atau tiga tablet 500 miligram seminggu. Resep obat yang lebih kuat dan aman seperti asetaminofen dan narkotik ringan atau obat penenang (Darvocet atau Fioricet).
 
Segera setelah serangan sakit kepala datang minumlah pil segera. Tetapi jika sakit kepala terus-menerus datangm periksakan ke dokter. Anda mungkin memiliki masalah yang lebih serius, seperti preeklampsia atau gangguan kehamilan yang melibatkan tekanan darah tinggi atau kondisi kesehatan yang sebelumnya tidak diketahui.
 
Migrain saat Hamil
 
Migrain lebih dari sekadar sakit kepala. Migrain adalah kondisi neurologis yang melibatkan rasa sakit yang jauh lebih parah. Dari 30 juta penderita migrain di AS, sekitar 80 persen adalah wanita. Tapi sekitar  58 persen wanita mengatakan migrain menghilang atau lebih ringan saat hamil.
 
Bagi banyak wanita, migrain dipicu oleh fluktuasi hormon di sekitar tanggal menstruasi mereka. Saat hamil dan melewati semester pertama, level hormon stabil.
 
Obat penghilang migrain paling populer dianggap kategori C, yang belum diketahui keamanannya. Pada kasus-kasus tertentu, dokter mungkin menyarankan penggunaan obat antiinflamasi non-steroid (NSAID). Kelas lain dari obat-obatan migrain, turunan ergotamine (seperti Cafergot), adalah kategori X. "Jangan pernah menggunakannya," kata Diamond.
 
Penanganan lain nonfarmakologis antara lain terapi fisik, pijat, atau akupunktur serta menghindari pemicunya. Ada cara alami meringankan sakit kepala secara bertahap yakni, "Mengangkat kaki, minum lebih banyak air, dan tidur siang selama 30 menit," terangnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif