NEWSTICKER
Ada beberapa olahraga atau latihan yang baik dilakukan untuk kesehatan paru-paru Anda. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
Ada beberapa olahraga atau latihan yang baik dilakukan untuk kesehatan paru-paru Anda. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)

Olahraga yang Bisa Dilakukan untuk Kesehatan Paru-paru Anda

Rona kesehatan paru-paru
Raka Lestari • 19 Februari 2020 17:01
Jakarta: Paru-paru merupakan salah satu organ vital yang kesehatannya sangat penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Melakukan olahraga secara rutin juga sangat baik untuk kesehatan paru-paru karena dapat membuat sirkulasi oksigen di paru-paru semakin baik.
 
Namun ternyata ada beberapa olahraga atau latihan yang baik dilakukan untuk kesehatan paru-paru Anda. Berikut ini adalah beberapa olahraga atau latihan yang baik untuk kesehatan paru-paru Anda seperti dilansir dari Thehealthy:

1. Melakukan latihan napas yang dalam

“Jika Anda ingin mendapatkan paru-paru yang sehat, Anda perlu meningkatkan volume tidal atau jumlah total udara yang dapat Anda hirup,”ujar Pamela Peeke, MD, penulis FIT To LIVE dan juru bicara dari American College of Sports Medicine.
 
Bernapas dalam-dalam dapat membuka rongga dada dan membuat paru-paru mendistribusikan oksigen ke tubuh secara keseluruhan dan menghilangkan limbah karbon dioksida.

2. Berjalan selama 20 menit

Berjalan adalah latihan sederhana yang membuat jantung Anda terpompa dan membangun otot-otot kaki Anda. Para dokter juga sering menyarankan untuk berjalan kaki secara rutin untuk pasien yang sedang menjalani program rehabilitasi paru-paru, sebuah program untuk orang yang menderita penyakit paru-paru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Richard Casaburi, PhD, profesor dan kepala Divisi Respiratory and Critical Care Physiology and Medicine, Harbor di University of California mengatakan bahwa dengan berjalan kaki rutin dapat mengoptimalkan fungsi organ, pada kasus ini adalah organ paru-paru.

3. Mempraktikkan postur tubuh yang baik

Penelitian telah menunjukkan bahwa postur tubuh yang buruk menekan paru-paru Anda dan menyebabkan napas yang pendek.
 
“Penting untuk menjaga agar kapasitas paru-paru Anda tetap dalam keadaan optimal, di mana hal tersebut tidak bisa dicapai jika Anda memiliki postur tubuh yang bungkuk,” ujar Dr Peeke.

4. Melakukan olahraga lari

Beberapa olahraga seperti lari atau bermain bola sangat bagus untuk paru-paru Anda.
"Memperbaiki otot-otot di lengan dan kaki Anda dapat meningkatkan efisiensi paru-paru,"ujar Carol Garber, PhD, juru bicara American College of Medicine. Namun sebaiknya olahraga ini tidak dilakukan secara berlebihan. Tetap lakukan sesuai dengan kemampuan Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif