Disadari atau tidak, ada beberapa hal yang menyebabkan kram otot. Berikut informasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Disadari atau tidak, ada beberapa hal yang menyebabkan kram otot. Berikut informasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Tujuh Penyebab Kram dan Solusinya

Rona kesehatan sendi
Anda Nurlaila • 15 Mei 2019 19:15
Kram otot bisa saja Anda rasakan. Salah satunya bisa karena mengalami kram saat menstruasi. Bisa juga terjadi saat berjalan. Otot mungkin tidak mendapat cukup aliran darah. Itu akibat pertambahan usia atau tidak aktif. Penyebab lainnya adalah claudication, yaitu arteri yang lebih sempit dari seharusnya sehingga darah tidak dapat melewatinya dengan mudah.
 

Jakarta:
Kram otot terjadi saat otot tiba-tiba menegang disertai rasa sakit. Kram dapat dirasakan kapan saja, seperti setelah berolahraga, saat menstruasi, atau bahkan saat tidur.  
 
Disadari atau tidak, ada beberapa hal yang menyebabkan kram otot. WebMD memberi solusi untuk mencegah dan menangani bila terjadi kram otot.

1. Kekurangan cairan

Kram tubuh mungkin cara tubuh memberitahu bahwa Anda mengalami dehidrasi. Gejala lainnya termasuk pusing, sakit kepala, dan sembelit. Jadi selalu bawa air dan minumlah secara teratur sepanjang hari. Terutama saat cuaca panas.

2. Suhu tinggi

Tubuh akan kehilangan cairan saat bekerja atau berolahraga di udara panas. Sehingga meningkatkan risiko mengalami kram. Ini terjadi sebagian karena tubuh membutuhkan air, atau tubuh kekurangan mineral penting atau elektrolit, yaitu natrium, kalium, dan kalsium. Elektrolit membantu sel-sel otot bekerja.

3. Obat-obatan

Statin umum dipakai mengontrol kolesterol, dan diuretik yang membantu tubuh menghilangkan cairan. Dua jenis obat ini dapat menyebabkan kram sebagai efek samping. Beritahukan ke dokter jika Anda mengalami kram teratur segera setelah Anda mulai minum obat.

4. Sirkulasi buruk

Kram yang semakin parah saat berjalan berarti otot mungkin tidak mendapat cukup aliran darah. Itu akibat pertambahan usia atau tidak aktif. Penyebab lainnya adalah claudication, yaitu arteri yang lebih sempit dari seharusnya sehingga darah tidak dapat melewatinya dengan mudah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tujuh Penyebab Kram dan Solusinya
(Kram otot terjadi saat otot tiba-tiba menegang disertai rasa sakit. Kram dapat dirasakan kapan saja, seperti setelah berolahraga, saat menstruasi, atau bahkan saat tidur. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

5. Siklus bulanan

Sebagian wanita mengalami kram saat menstruasi. Ini terjadi karena hormon tertentu yang menyebabkan otot-otot rahim mengencang dan membantu mendorong darah dan kotoran keluar.
 
Tetapi hormon ini juga bisa menyebabkan kram. Penghilang rasa sakit yang dijual bebas biasanya membantu. Bicarakan dengan dokter jika obat tidak membantu.

6. Pertumbuhan

Anak-anak sering mengalami kram ketika bertumbuh. Tetapi kram mungkin terjadi akibat terlalu banyak aktivitas, atau anak lebih sensitif terhadap rasa sakit. Kram paling sering terjadi pada kaki dan dapat membangunkan anak dari tidur. peregangan otot atau kompres air hangat akan meredakan kram.

7. Olahraga

Sangat penting untuk tetap aktif secara fisik, tetapi bila berlebihan dan tubuh tidak terbiasa dapat menyebabkan kram. Olahraga teratur dapat membuat otot lebih kuat dan tidak gampang lelah. Sehingga otot tidak mudah kram. Pastikan melakukan pemanasan sebelum olahraga dan diakhiri peregangan.

Solusi meredakan dan mencegah kram

Kram biasanya hilang dengan sendirinya dengan cepat. Namun jika kram terjadi, hentikan aktivitas yang dapat memicunya. Lakukan peregangan dan pijat otot, atau gunakan bantal pemanas atau mandi air hangat agar melancarkan aliran darah. Obat antiinflamasi seperti ibuprofen, dapat membantu meredakan sakit.
 
Diet sehat dapat membantu menghindari kram. Buah dan sayuran berwarna memiliki mineral yang disebut elektrolit. Asupan sayur dan buah seperti pisang membantu menjaga otot dalam kondisi yang baik dan membantu menghindari kram.
 
Kebanyakan kram tidak berbahaya. Tetapi jika kram sering terjadi dan Anda tidak mengetahui penyebabnya, kunjungi dokter. Kram kadang-kadang bisa menjadi tanda kondisi medis seperti penyakit tiroid, sirosis hati, atau pengerasan pembuluh darah.
 
Beberapa rumah sakit yang bisa Anda kunjungi untuk berkonsultasi antara lain Rumah Sakit Royal Taruma, Rumah Sakit Pondok Indah, RSCM - Kencana. Atau kunjungi dokter di dekat rumah Anda untuk berkonsultasi tentang kram Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif