Penyebab rambut menipis dan rontok adalah polusi, diet hingga penyakit dan genetik. (Foto: The Trendspotter)
Penyebab rambut menipis dan rontok adalah polusi, diet hingga penyakit dan genetik. (Foto: The Trendspotter)

Cara Mengatasi Rambut Menipis

Rona gaya rambut
Anda Nurlaila • 22 Oktober 2019 15:03
Jakarta: Rambut yang menipis umum terjadi pada pria seiring bertambahnya usia. Kerontokan yang mulai terjadi sekitar awal 30-an membuat garis rambut semakin menjauhi mahkota rambut di bagian dahi, sehingga memengaruhi penampilan.
 
Penyebab rambut menipis dan rontok adalah polusi, diet hingga penyakit dan genetik. Sebagian besar kebotakan rambut pria disebabkan genetik.
 
Pola kerontokannya tergantung pada folikel rambut yang diprogram secara genetik dengan reseptor dihydrotestosterone (DHT). Hormon seks pria ini merupakan bentuk aktif testosteron dalam jaringan tubuh dan juga yang memicu kerontokan rambut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan atau mengurangi rambut rontok, seperti dilansir dari The Trendspotter:

-Perhatikan Nutrisi

Jika garis rambut mulai berubah, pikirkan tingkat kesehatan Anda karena itu bisa disebabkan kekurangan nutrisi. Kekurangan zat besi, zinc dan asam lemak dikaitkan dengan rambut rontok dan rapuh.
 
Rencanakan makan sehat dengan berkonsultasi ke ahli gizi terutama sumber makanan yang tinggi protein dan zat besi. Konsumsi multivitamin berkualitas setiap hari membantu menjaga tingkat nutrisi Anda tetap terjaga.

-Jangan menata rambut

Blow dry tidak hanya mengeringkan rambut tapi juga membuatnya rapuh dan rentan terhadap kerusakan. Panas dapat membuka folikel rambut, sehingga mudah rontok. Biarkan rambut Anda mengering secara alami dan hindari menyikatnya sampai rambut Anda benar-benar kering karena dapat membuatnya tercerabut.

-Hindari mewarnai rambut

Mewarnai rambut bisa menyebabkan rambut rontok, terutama jika Anda memudarkan warnanya. Hidrogen peroksida menembus folikel rambut dan menghilangkan pigmen alami, membuatnya lebih mudah patah atau rontok. Mewarnai rambut dengan warna gelap juga sama karena semua pewarna rambut memiliki hidrogen peroksida.

-Berhenti merokok

Para ilmuwan menemukan bahwa racun dalam asap rokok merusak hormon dan folikel rambut. Riset pada dua kelompok perokok dan non-perokok menemukan hubungan yang signifikan dan konsisten antara merokok dengan rambut rontok.

-Pijat

Memijat kulit kepala secara teratur dapat meningkatkan ketebalan rambut. Penelitian menunjukkan bahwa ketebalan rambut meningkat secara signifikan karena peningkatan aliran darah dan stimulasi langsung ke sel. Pria yang memijat kulit kepala secara teratur selama 24 minggu menemukan bahwa meski rambut tidak bertambah lebat, rambut menjadi lebih tebal.

-Kelola stres

Stres dan kecemasan adalah penyebab utama kerontokan rambut. Ini memengaruhi sistem tubuh dan merugikan pertumbuhan alami dan siklus istirahat folikel, menyebabkan rontok, dan rambut berhenti tumbuh. Setelah menjalani perawatan kesehatan mental, biasanya rambut akan mulai tumbuh setelah 3-6 bulan.

-Transplantasi rambut

Transplantasi rambut adalah cara yang bagus untuk mendapatkan kembali rambut jika tidak ada cara lain yang berhasil. Prosedur ini dilakukan dengan anestesi lokal dan tidak invasif atau menyakitkan.
 
Proses ini melibatkan memasukkan batang rambut individu ke dalam folikel rambut yang ada dan kosong. Rambut-rambut ini biasanya diambil dari sisi dan belakang kepala, atau bahkan dada jika diperlukan.

-Hindari beberapa produk penataan rambut

Jika rambut Anda menipis dan tetap ingin terlihat penuh setelah ditata, sangat penting untuk memilih produk yang tepat. Hindari produk-produk berat seperti clay, gel, dan pomade. Jika tidak, gunakan serbuk bertekstur pada rambut kering.

-Menumbuhkan rambut secara alami

Perlu diketahui minyak jarak tidak memperbaiki kebotakan, namun dapat membantu menguranginya. Pijatan menggunakan minyak jarak akan meningkatkan aliran darah Anda dan mendorong pertumbuhan rambut. Ini adalah salah satu pilihan murah untuk menumbuhkan kembali rambut.

Cara menghentikan rambut yang menipis:

-Jangan menarik atau bermain dengan rambut, itu hanya akan memperburuknya.
 
-Perbaiki pola makan Anda karena berefek besar saat terjadi kerontokan
 
-Jangan mewarnai atau mengeringkan rambut dengan hair dryer atau di-blow dry.  Kedua hal ini akan membuat rambut Anda rapuh dan rentan rontok.
 
-Tetap tenang dan jangan stres.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif