Tak hanya bikin nyaman tubuh, teh ternyata memberikan berbagai efek positif bagi kesehatan Anda. (Ilustrasi/Pexels)
Tak hanya bikin nyaman tubuh, teh ternyata memberikan berbagai efek positif bagi kesehatan Anda. (Ilustrasi/Pexels)

Minum Teh Bisa Kurangi Risiko Sakit Jantung dan Stroke

Rona teh
Kumara Anggita • 25 Januari 2020 12:03
Jakarta: Tak hanya bikin nyaman tubuh, teh ternyata memberikan berbagai efek positif bagi kesehatan Anda. Menurut penelitian, teh bisa kurangi risiko sakit jantung dan juga stroke.
 
Dilansir dari Healthline, penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Preventive Cardiology menyebutkan bahwa secangkir teh bisa menjauhkan Anda dari pergi ke dokter dan menambah umur. 
 
Para peneliti menyarankan bahwa minum teh tiga kali atau lebih dalam seminggu dapat meningkatkan kesehatan jantung dan hidup yang lebih lama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam studi jangka panjang berskala besar, para peneliti dari Akademi Ilmu Kedokteran Tiongkok di Beijing melacak 100.902 peserta tanpa riwayat serangan jantung, stroke, atau kanker. Kelompok ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu mereka yang minum teh tiga kali atau lebih dalam seminggu dan mereka yang tidak minum teh sam sekali.
 
Setelah masa tindak lanjut yang dilakukan selama rata-rata 7,3 tahun, para peneliti menentukan bahwa mereka yang minum teh l cenderung tetap sehat dalam jangka waktu yang lebih lama.
 
Ditemukan bahwa mereka yang punya  kebiasaan minum teh memiliki risiko 20 persen lebih rendah terserang penyakit jantung dan stroke, 22 persen lebih rendah meninggal karena penyakit jantung dan stroke, dan 15 persen lebih rendah meninggal karena sebab penyakit  lain.
 
Subset yang sedikit lebih dari 14.000 orang juga dinilai dalam studi lanjutan.Mereka yang mempertahankan kebiasaan minum teh dalam kedua studi tersebut melihat manfaat yang lebih jelas, termasuk risiko 56 persen lebih rendah dari penyakit jantung dan stroke yang fatal.
 
Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk rajin minum teh dari sekarang. Badan Anda akan sehat rasanya pun juga enak.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif