Apa arti dari mimpi berselingkuh? Berikut informasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Apa arti dari mimpi berselingkuh? Berikut informasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Mengapa Anda Mimpi Berselingkuh?

Rona romansa psikologi
Kumara Anggita • 20 Januari 2020 13:16
Jakarta: Walaupun Anda begitu menyayangi pasangan, bukan berarti Anda terjauh dari mimpi berselingkuh. Tenang saja dan tak perlu merasa bersalah karena mimpi ini merupakan sebuah simbol untuk menyampaikan pesan agar Anda mengevaluasi sesuatu.
 
Janet Brito, PhD, LCSW, CST dalam Healthline menerangkan tentang paparan analis mimpi bersertifikat yaitu Lauri Loewenberg, mimpi adalah hasil dari alam bawah sadar yang ingin memberi tahu Anda sesuatu atau membuat Anda mengerjakan sesuatu.
 
"Mimpi berselingkuh adalah hal yang umum didapatkan orang saat sedang tertidur," tulisnya lagi. Mimpi ini bisa ditafsirkan beragam. Namun ada tiga masalah mendasar yang menjadi penyebab mimpi ini bisa muncul antara lain:

1. Ketidakpuasan secara emosional

Ternyata biasanya mimpi ini tak sepenuhnya tentang seks. “Ini lebih sedikit tentang penyatuan fisik dan lebih banyak tentang penyatuan psikologis atau emosional, yang diwakili oleh jenis kelamin," kata Loewenberg.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Emosi yang Anda alami dalam mimpi itu sangat nyata dan datang dari tempat yang sangat nyata," dia menjelaskan. Saat mimpi ini muncul maka hal yang perlu Anda pertimbangkan pertama adalah mengetahui apa sebenarnya emosi itu.
 
Dia juga menyebutkan bahwa penyebab umum dari mimpi ini adalah karena rasa bersalah, tidak aman, cemburu, bosan, cemas, marah, atau kewalahan.
 
Mengapa Anda Mimpi Berselingkuh?
(Bila Anda berselingkuh dalam mimpi, bukan berarti Anda telah berkhianat dengan pasangan. Ini justru menjadi pesan untuk mengevaluasi hubungan. Foto: Pexels.com)

2. Ketidakpuasan secara seksual

Walaupun sebagian besar mimpi selingkuh bukan tentang seks namun dalam beberapa kasus mimpi ini menjadi tanda kegelisahan tentang hubungan seksual yang Anda miliki dengan pasangan.
 
Coba tanyakan pada diri Anda, Apakah Anda berhubungan seks? Apakah Anda senang dengan seberapa sering Anda berhubungan seks? Apakah ada sesuatu yang Anda ingin coba di tempat tidur yang pasangan Anda tak bisa penuhi? Bagaimana sebaliknya?

3. Perasaan yang belum terselesaikan

Menurut psikoterapis, Aimee Barr, LCSW mimpi ini bisa saja sering muncul karena di masa lalu Anda pernah diselingkuhi. Jika pasangan masa lalu berselingkuh, Anda mungkin takut hal itu terjadi lagi.
 
Untuk itu, Anda perlu membangun rasa percaya itu kembali. Barr mencatat terapis dapat membantu Anda mengatasinya.
 
Bila Anda berselingkuh dalam mimpi, bukan berarti Anda telah berkhianat dengan pasangan. Ini justru menjadi pesan untuk mengevaluasi kembali hubungan Anda ke arah yang lebih baik. Jangan malu untuk bicarakannya dengan pasangan. Konsultasikan ke ahlinya yaitu psikolog jika diperlukan.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif