Terdapat sembilan tipe humor orang. Anda yang mana? (Foto: Pexels.com)
Terdapat sembilan tipe humor orang. Anda yang mana? (Foto: Pexels.com)

Sembilan Tipe Humor, yang Manakah Anda?

Rona psikologi
Kumara Anggita • 02 Mei 2019 07:00

Melempar humor bagi Anda sudah biasa. Tapi belum tentu Anda tahu tipe humor seperti apa yang sering Anda lakukan. Humor sendiri adalah sikap yang cenderung dilakukan untuk membangkitkan rasa gembira dan memicu gelak tawa.
 


Jakarta: Humor adalah hal yang dapat menghubungkan satu dengan lainnya. Namun, apa yang lucu bagi Anda belum tentu lucu bagi orang. Ini semua terjadi karena selera humor berbeda-beda. Melansir dari Huffingtonpost terdapat sembilan tipe humor orang. Anda yang mana?

1. Fisik

Humor fisik biasa juga disebut dengan slapstick. Anda akan tertawa pada hal-hal yang melibatkan fisik. Anda bisa tertawa karena melihat ekspresi orang atau wajahnya yang lucu.

2. Mencela diri sendiri

Ini populer pada ‘Stand Up Comedy’. Di sana, mereka akan mencela dirinya sendiri. Tak hanya itu, humor macam ini semakin menjamur di kalangan anak muda yang suka liat meme di instagram. Ini adalah konsep yang sama, merelasikan sesuatu dengan diri sendiri dan Anda jadi tertawa sendiri. 

3. Sesuatu yang tidak nyata

Anda akan tertawa karena apa yang Anda lihat tidak nyata atau tidak masuk Akal. Bagi Anda itu merupakan hal yang konyol. Ini menjelaskan mengapa orang-orang tertawa ketika kuping Dumbo begitu panjang. 

4. Improvisasi

Seperti namanya, lelucon ini menjadi lucu karena tidak direncanakan. Seseorang bisa mengembangkan bahan dengan apa yang ada di sekitarnya. Spontanitas memang begitu original sehingga membuat semua jadi berkualitas.
 
Sembilan Tipe Humor, yang Manakah Anda?
(Humor fisik biasa juga disebut dengan slapstick. Anda akan tertawa pada hal-hal yang melibatkan fisik. Anda bisa tertawa karena melihat ekspresi orang atau wajahnya yang lucu. Foto: Pexels.com)

5. Main kata

Biasanya bermain dengan kata-kata. Orang bisa memutar bahasa dan membuat semua jadi terlihat lucu. Ini mengapa Anda biasanya bisa tertawa mendengarkan radio. Mereka pasti begitu komunikatif dan kreatif.

6. Bertopik

Humor ini berdasarkan peristiwa atau tren saat ini. Seperti kebanyakan pertunjukan sketsa komedi atau talkshow. Humor semacam ini membutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang apa yang terjadi di dunia (berita, pemilihan umum, budaya pop, dan lainnya). Pengetahuan tersebut dielaborasi dengan menyisipkan humor di dalamnya. 

7. Observasi

Ini adalah tipe yang melihat apa yang ada di depannya. Semua hal bisa menjadi lucu bersama orang dengan selera humor seperti ini.

8. JasmaniI

Semua berhubungan dengan kentut atau fungsi tubuh lainnya. Ini adalah jenis humor yang memecah belah. Biasa Anda temui di kalangan pria dan remaja.

9. Gelap

Tidak banyak orang yang memahami ini. Gaya humor gelap biasanya melibatkan beberapa tema yang gelap, lalu menekan, tetapi melemparkan beberapa situasi lucu atau tidak biasa di dalamya. Sudah tahu tipe humor Anda yang mana? Sekarang Anda jadi tau ke mana Anda harus pergi untuk membuat diri tertawa.
 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif